PEMILIHAN MESIN INDUK PADA KAPAL PERINTIS 2000 GT STUDI KASUS PT.ORELA SHIPYARD

Rofiki, Ahmad (2017) PEMILIHAN MESIN INDUK PADA KAPAL PERINTIS 2000 GT STUDI KASUS PT.ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal Perintis 2000 GT merupakan kapal milik pemerintah yang sedang dibangun oleh PT. Orela Shipyard. Dalam pembangunan sebuah kapal baru, pemilihan main engine merupakan hal yang sangat penting. Karena fungsi main engine dalam sebuah kapal adalah untuk menggerakan propeller agar kapal bisa bergerak maju maupun mundur. Apabila terjadi kesalahan dalam perhitungan tahanan dapat menyebabkan kurang optimalnya daya main engine sehingga mengakibatkan kurangnya nilai pada daya yang dihasilkan. Pemilihan daya motor dilakukan dengan memperhitungkan nilai tahanan. Untuk menghitung tahanan pada kapal ini digunakan dua metode perhitungan, yaitu validasi antara perhitungan manual dengan software maxsurf hullspeed. Metode yang digunakan adalah Metode Holtrop. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan daya motor atau BHP (Break Horse Power). Hasil dari perhitungan BHP nantinya akan digunakan untuk memilih engine yang sesuai dengan hasil daya yang telah didapat pada perhitungan. Berdasarkan hasil perhitungan tahanan didapat nilai sebesar 77,464 kN dengan kecepatan 12 knot. Untuk perhitungan daya engine didapat daya sebesar 587,467385 HP x 2, dan pada pemilihan motor induk didapatkan engine merk Yanmar type 6HYM - WET S Rating dengan daya sebesar 700 HP. Kata Kunci : Tahanan Kapal, Kapal Perintis 2000 GT, perhitungan daya Main Engine. ABSTRACT Perintis Ship 2000 GT is a government-owned ship under construction by PT. Orela Shipyard. In the construction of a new ship, the selection of main engine is very important. Because the main engine functions in a ship is to move the propeller forward or backward. If an error occurs in the calculation of resistance, it can cause the main engine power to be less optimal and in result, there will be a lack of value on the power generated. The motor power selection is done by calculating the value of the resistance. To calculate the resistance on this ship, it can use two methods of calculation, the validation between manual calculations with the software maxsurf hullspeed. The method used is Holtrop Method. Then proceed with the calculation of motor power or BHP (Break Horse Power). The results of BHP calculations will be used to select the engine that matches the results of power that has been obtained on the calculation. Based on the calculation of the obtained resistance value of 77.464 kN with a speed of 12 knots. For the calculation of engine power is 587.467385 HP x 2, so in the selection of the main motor engine Yanmar brand 6HYM type - WET S Rating with a power of 700 HP. Keywords : Ship Resistance, Perintis Ship 2000 GT, Main Engine Power Calculation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:51
Last Modified: 20 Sep 2018 02:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item