Ulfa D, M. Isro Robi (2017) ANALISA PENYEBAB JAMMED PISTON PADA AUXILIARY ENGINE TBD 234 HND KAPAL BORNEO MERATUS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Auxiliary engine merupakan mesin diesel yang berfungsi untuk memutar generator. Pemeliharaan dan pengecekan secara berskala membantu menjaga mesin tetap dalam keadaan yang baik. Pengecekan akan memonitoring setiap sistem-sistem mesin. Ketidak cermatan dalam pengecekan dapat berkibat buruk, seperti peristiwa pada kapal Borneo, piston tiba-tiba macet dan membuat komponen-komponen rusak. Proses analisis dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab jammed piston. Menganalisa setiap komponen pada sistem pendingin dan pelumasan sehingga didapat permasalahan disistem tersebut. Dari peristiwa jammed piston tersebut didapatkan kerusakan-kerusakan komponen pada auxiliary engine. Dari analisa penyebab terjadinya piston macet adalah karena penurunan tekanan oli sebesar 0,15 MPa dari tekanan oli minimum 0,45 MPa sehingga debit oli turun dan menyebabkan kenaikan suhu sebesar 25 ºC dari temperatur maksimal sebesar 85 ºC. Piston macet pada auxiliary engine menyebabkan crank pin pada crankshaft terdapat goresan dan diameter pada crank pin melebihi wear limit sebesar 0,20 (mm) dan kebengkokan sebesar 0,04 (mm). Cylinder liner mangalami perubahan diameter sebesar 0,12 (mm) dari wear limit. Terjadi patahan pada batang piston. kebengkokan pada camshaft sebesar 0,06 (mm). Piston terdapat sobekan sebesar 7 cm. Bak oli terdapat 2 pecahan dengan ukuran sebesar 26,5 (cm) dan 50 (cm). Sobekan pada cylinder block sebesar 36,7 (cm). Kata kunci : komponen, pison, sistem ABSTRACT Auxiliary engine is a diesel engine that serve to rotate generator. Maintenance and checking in scale to help maintain machine kept in a state of good. Checking will on the monitoring of the machine every systems. not carefully in checking can be terrible, like incidents on Borneo ship, Suddenly jammed piston and make components damaged. Process of analysis practiced to find out the cause of jammed piston . Analyzes every components of a cooling system and lubrication system so accessible problem form system. From jammed piston can get damage component from auxiliary engine From analysis the cause of jammed piston is because oil pressure decrease by 0.15 MPa of maximal pressure 0,45 MPa so oil rate of flow down and make the temperature increase by 25 ºC of maximal temperature 85 ºC and also the Jammed piston on Auxiliary Engine causing the crankshaft to be exacting and crank pin diameter exceed the standart of 0,20 mm and deflection of crankshaft is 0,04 mm. Cylinder liner undergoes a changes in diameter of 0,12 mm from the boundary of the limit allowed. Fracturing happened on the piston rod. Camshaft bent of 0,01 mm from the standard. There were 2 fractions in the oil sump with the size of 26,5 cm and 50 cm. Torn on cylinder block of 36,7 cm. Keyword : component, piston, system
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 02:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 02:25 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |