Agha, prabasworo (2015) SINKRONISASI KAPAL PADA FLOATING DOCK 8600 TLC DITINJAU DARI KEAMANAN PEMUATAN PADA FLOATING DOCK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Floating dock atau yang dikenal juga dengan dock apung memilki keuntungan yang besar sekali dalam reparasi atau pembangunan kapal. Namun kondisi Floating dock ini memungkinkan untuk terjadi kesalaan pada saat pengangkutan kapal untuk pembuatan atau reparasinya. Maka dipertimbangkan lah dimensi posisi, dan beban kapal yang akan di masukkan pada floating dock ini. Peletakan kapal pada Floating dock harus memperhatikan beberapa aspek penting untuk menghindari kerusakan baik kerusakan pada Floating dock maupun pada kapal yang direparasi pada floating dock. Baik aspek ukuran, sebaran beban maupun draft air, maka digunakan prtimbangan pertimbangan tersebut agar kapal dapat dimuatkan pada floating dock. Pada analisa berdasarkan beban digunakan sample skenario pembebanan lalu di bandingkan dengan kriteria kekuatan memanjang kapal yang diambil pada potongan melintang. Untuk melihat apakah ada momen bending atau shear force yang melebihi kapasitas bangunan. Kapal yang akan di dock kan pada floating dock pun harus sesuai dengan kemampuan Floating dock. Baik kemampuan secara dimensional maupun lifting capacity. Penataan kapal yang mengedok pun harus ditata sedemiian rupa untuk menghindari pemusatan beban atau penyebaran beban yang tak merata. Karena meskipun dengan lifting capacity yang cukup penyebaran beban yang tak merata dapat merusak lambung dari Floating dock tersebut. Keyword: floating dock, penataan, kekuatam memanjang, ukuran. Abstract Floating dock is a vessel that have a great advantage for reparation and built for ship espesiall for shipbuilding. But the condition of floating dock make many possibillyty for a malfungtion on loading ship on this floating dock. So, we load must calculate the dimensionn weight and load before loading ship on this floating dock. There are many factor to be concern to positioning ship on floating dcck to avoid it from hull deflection or crack. On dimension factor , spread of load, and draft before loading ship on floating dock. Fon an analysis based on spead of load we used some scenario for simulated load that work on the floating dock on it’s operation, then compare it with it’s limit from load limit from transversal section calculation, to see if load on scenario over limit or not. Especially on bending moment and shear force. Ship that load in floatng dock must be fit on floating dock, on their dimensioning, lifting capacity, draft and spread of their load. their positioning also must be concern to keep spead of load stay on safety limit. To avoid the floating dock or ship that repair or built on floating dock from damage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 25 Aug 2018 04:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2018 04:10 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
View Item |