Ramadhan, Farhan Mahdy (2017) PERANCANGAN SISTEM VENTILASI KAMAR MESIN KAPAL LANDING PLATFORM DOCK (LPD) TNI AL 124 M DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kapal Landing platform dock (LPD) adalah kapal milik TNI-AL yang merupakan hasil kerja sama Indonesia-Korea yang diwakili perusahaan P.T.PAL INDONESIA (persero) dan Daesun Shipyard engineering. Pada proyek kapal selanjutya kapal LPD akan diproduksi oleh P.T. PAL INDONESIA (Persero) sendiri, sehingga proses desain merupakan yang sangat penting dalam melaksanakan proses produksi kapal LPD. Sistem ventilasi udara merupakan hal yang sangat penting dalam sistem yang ada di kapal, untuk mensirkulasikan udara dan mendapatkan kenyamanan terutama didalam kamar mesin. Perancangan ini ditujukan untuk desain sistem ventilasi kamar mesin pada kapal tersebut. Pada perancangan ini akan menghitung beban ventilasi kamar mesin, kapasitas udara yang harus disuplai ke dalam kamar mesin, beban emisi peralatan kamar mesin sesuai standar ISO 8861 dengan metode perhitungan tahanan gesek sama pada tiap ducting. Pada tahap desain akan menggunakan tipe ventilasi 4. Desain ducting menggunakan ASHRAE Chapter 35 Duct Design. Dari hasil perhitungan beban ventilasi pada kamar mesin kapal LPD TNI AL 124 m menggunakan standar ISO 8861 didapatkan sebesar 38.178729 � 3 /� dari penjumlahan laju aliran untuk pembakaran dari main propulsion engine dan auxiliary engine.Beban equipment yang ada di kamar mesin yakni sebesar 164.61� 3 /�. Berdasarkan standar ISO 8861 Kapasitas udara untuk kamar mesin adalah sebesar 93030.5725 cfm. Fan yang dipilih menggunakan merk Marathon type 48J/18K5-P6 Axial Fan dengan kapasitas udara sebesar 90000 � 3 /ℎ dengan daya 18.5 KW dengan kecepatan kipas sebesar 975 rpm sebanyak 2 buah Kata kunci : Sistem HVAC, pendingin, kapal perang, beban panas, ventilasi, fan, rancangan. ABSTRACT The ship Landing Platform Dock (LPD) is a ship owned by TNI-AL which is the result of Indonesia-Korea cooperation between P.T.PAL INDONESIA (persero) and Daesun Shipyard Engineering. On subsequent ship projects the LPD vessel will be produced by P.T. PAL INDONESIA (Persero) itself, so that the design process is very important in implementing LPD ship production process. Air ventilation system is very important in the existing system on the ship, to circulate the air and get comfort especially in the engine room. In this design will calculate the load of engine room ventilation, air capacity that must be supplied to the engine room, the emission load of machine room equipment according to ISO 8861 standard, with the method of calculating the same friction resistance at each ducting. At the design stage will use the type of ventilation 4. Design ducting using ASHRAE Chapter 35 Duct Design. From the calculation of ventilation load on the engine room of LPD Naval ship 124 m using ISO 8861 standard obtained 38.178729 � 3 /� from the sum of the flow rate for the combustion of main propulsion engine and auxiliary engine. Heat emission of equipment available in the engine room that is equal to 164.61 � 3 /�. Based on the ISO 8861 standard Air capacity for engine room is 93030.5725 cfm. Fan selected using brand Marathon type 48J / 18K5-P6 Axial Fan with air capacity of 90000 � 3 /ℎ with 18.5 KW power with fan speed of 975 rpm Keywords : HVAC System, cooling, warship, emission load, ventilation, fan, planning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 02:08 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 02:08 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/968 |
Actions (login required)
View Item |