Majid, Reyhan Abdul (2017) ANALISA SISTEM KERJA VARIABEL GEOMETRI TURBO. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Turbocharger adalah jenis kompresor sentrifugal yang arah aliran fluidanya tegak lurus dengan sumbu porosnya. Turbocharger mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari gas buang kendaraan. Keuntungan dari turbocharger adalah meningkatkan daya yang besar hanya dengan sedikit menambah berat. Kerugian dari Turbocharger adalah adanya turbo lag yang mengurangi efisiensi dari turbo tersebut. Turbo lag adalah jeda waktu yang dibutuhkan turbo untuk mensuplai udara bertekanan ke ruang bakar. Turbo lag terjadi saat motor melakukan akselerasi dari putaran rendah menjadi putaran tinggi. Hal itu terjadi saat mendadak throttle dibuka untuk akselerasi motor membutuhkan banyak udara sedangkan turbo belum siap mensuplai udara tersebut, sehingga ada jeda waktu menunggu cukupnya debit gas buang agar turbo dapat berputar cepat dan mensuplai udara. Pada Variabel Geometri Turbo terdapat vane nozzle yang berfungsi sebagai pengarah aliran gas buang agar terfokus pada turbine turbo. Vane nozzle tersebut berada di sekeliling turbin turbo yang berputar beberapa derajat saja untuk memfokuskan arah aliran gas buang. Vane nozzle tersebut digerakan oleh sebuah motor stepper yang dikontrol oleh ECU. Jadi dengan adanya vane nozzle tersebut aliran gas buang dapat terfokus ke turbin sehingga dengan debit gas buang yang tidak banyak pun turbin sudah mampu mensuplai udara bertekanan yang diminta dengan cepat. Kata kunci : Gas buang, Turbocharger, Turbo lag, Vane nozzle, Variable geometry turbo. ABSTRACK Turbocharger is a type of centrifugal compressor whose direction of fluid flow is perpendicular to the axis of the axis. Turbochargers get power from turbines whose power source comes from vehicle exhaust. The advantage of a turbocharger is to increase the power of large by just adding a little weight. The disadvantage of Turbocharger is the turbo lag which reduces the efficiency of the turbo. Turbo lag is the time lag that turbo needs to supply pressurized air to the combustion chamber. Turbo is currently experiencing acceleration motor from low rotation to high rotation. It happens when suddenly the throttle is open for motor acceleration requires a lot of turbo air is not ready to supply the air, so there is a lag time waiting for enough discharge of gas to turbo can spin fast and supply air. In Turbo Geometry Variables there is a vane nozzle that serves as a steering flue gas stream to focus on turbine turbines. The vane nozzle is located around a turbo turbine that rotates only a few degrees to control the direction of the flue gas stream. The Vane nozzle is driven by a stepper motor controlled by the ECU. So with the nozzle vane then the flue gas stream can be focused on turbine with discharge gas discharge which not many turbines are capable of supplying pressurized air that is requested quickly. Key Word : Turbocharger, Turbo lag, vehicle exhaust, Vane nozzle, , Variable geometry turbo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 02:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 02:01 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
View Item |