IDENTIFIKASI DAN CARA MENGATASI PENURUNAN DAYA IHP AKIBAT KERETAKAN SILINDER LINER PADA AUXILIARY ENGINE CATERPILLAR 3304B DIT

Basuki, Hatta Pri (2017) IDENTIFIKASI DAN CARA MENGATASI PENURUNAN DAYA IHP AKIBAT KERETAKAN SILINDER LINER PADA AUXILIARY ENGINE CATERPILLAR 3304B DIT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Mesin diesel adalah mesin yang paling sering dijumpai pada kapal-kapal di Indonesia ini, seperti pada KRI. SOPUTAN menggunakan mesin bertipe Caterpillar 3304B DIT untuk genset. Kerja mesin yang maksimal akan menghasilkan daya mesin yang maksimal pula sebagai output tenaga. Apabila mesin mengalami kerusakan pada salah satu bagiannya maka akan mempengaruhi daya output mesin itu sendiri. Mesin Caterpillar 3304B DIT mengalami penurunan daya kerja hingga 22,6 % dari standar dengan perhitungan daya yang dihasilkan sebesar 232,227 Hp pada putaran 1800 rpm. Diakibatkan keausan piston, ring piston dan cylinder liner. Ditemukannya bagian cylinder liner yang retak pada bagian nomer 1 juga mempengaruhi penurunan daya mesin Caterpillar 3304B DIT. Maka dari itu perbaikan dilakukan untuk mengganti bagian yang aus atau rusak. Cylinder liner dan komponen yang melampaui standar diganti dengan sparepart baru. Dengan dilakukan perbaikkan didapat hasil kerja dengan putaran 1800 rpm menghasilkan daya IHP sebesar 273,544 Hp. Hasil dari perbaikkan menunjukkan peningkatan peforma sebesar 17,7 %. Kata kunci : Mesin diesel, daya IHP, cylinder liner, peforma. Abstract Diesel engines are the most common machines on these Indonesian ships, as in KRI. SOPUTAN use type Caterpillar 3304B DIT engine for generator. Maximum engine work will produce maximum engine power as well as power output. If the machine is damaged in one part it will affect the output power of the machine itself. Caterpillar 3304B DIT engine has decreased power to 22,6 % of the standard with the calculation of power generated by 232,227 Hp at 1800 rpm rotation. Resulted from piston wear, piston rings and cylinder liner. The discovery of a cracked cylinder liner at part 1 also affects the decrease in Caterpillar 3304B DIT engine. Therefore repairs are made to replace worn or damaged parts. Cylinder liners and components beyond the standard are replaced with new spare parts. With improvements obtained work with 1800 rpm to generate power IHP of 273.544 Hp. The results of the improvement show a performance improvement up to 17,7 %. Keywords: Diesel engine, power IHP, cylinder liner and performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:33
Last Modified: 19 Sep 2018 06:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item