ANALISA HASIL PROSES ERECTION PADA BLOK X dan BLOK Y DENGAN PENERAPAN ACCURACY CONTROL PADA KAPAL COASTER 2000 GT

Anggraini, Yunita Risky (2017) ANALISA HASIL PROSES ERECTION PADA BLOK X dan BLOK Y DENGAN PENERAPAN ACCURACY CONTROL PADA KAPAL COASTER 2000 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam membangun kapal banyak proses yang harus dikerjakan untuk membangun sebuah kapal. Dari mulai Fabrikasi, Sub assembly, Assembly, dan Erection. Fabrikasi yaitu suatu rangkaian pekerjaan dari beberapa komponen material baik berupa plat, pipa ataupun profil dan dibentuk setahap demi setahap sampai menjadi suatu bentuk yang dapat dipasang menjadi suatu bentuk konstruksi. Tahap Sub assembly yaitu menggabungkan beberapa komponen kecil menjadi komponen per panel, seperti pemasangan stiffener pada plat sekat. Assembly pembangunan konstruksi kapal dari pembuatan panel-panel dan dirangkai kembali panel-panel tersebut menjadi sebuah blok. Erection yaitu penggabungan dari beberapa blok. Dengan beberapa proses pembuatan kapal perlu pentingnya dalam accuracy control untuk mengurangi kesalahan dan mengurangi pekerjaan dua kali. Di galangan X accuracy control hanya digunakan pada saat proses erection saja. Pada kapal coaster 2000 GT di Blok X dan Blok Y belum di joint. Sebelum di joint erection kapal harus dilakukan proses selevel , yaitu pada satu garis center line dengan menggunakan alat theodolit. Setelah sudah satu level baru diakurasi penurunan tanahnya, karena tanah di galangan X tidak rata. Oleh karena itu setelah diakurasi akan dapat diketahui dari proses erection tersebut permasalahan yang didapat, yaitu tidak adanya adanya keel deflection yang melebihi standar deviasi sebesar 30 mm, sehingga tidak harus dilakukan perbaikan agar dapat selevel blok X dan blok Y. Setelah sudah selevel maka dapat di lakukan pengelasan. Kata Kunci : Accuracy control, Joint, Keel deflection ABSTRACT The process being worked on to build a ship. From start fabrication, sub assembly, assembly, and erection. Fabrication is a series of work of several components of the material either den plate, pipe or profile and formed step by step until the shape form that can be fitted into a form of construction. Sub-assembly stage is a few small components into components per panel, such as the installation of stiffener on the bulkhead plate. The assembly of shipbuilding manufacture panel panels and assembled them into block. Erection was a merger of several block. With some shipbuilding processes it is necessary to handle in accuracy control to reduce errors and reduce work twice. In the shipyard X precision control is only used during the erection process only. On board 2000 GT coaster in block X and block Y not in joint. Before the joint erection of the ship must be done in the same level, which is on one line of the center line using theodolite tool. After a new level of accuracy, dimension value, soil decline, because the ground in the yard x is not flat. Therefore, after the accuracy will be known from the erection process it is obtained, namely the deflection keel that exceeds the standard so that it must be repaired to be at the level of block X and block Y. Once it has been leveled it can be done welding Keywords: Accuracy control, Joint, Keel deflection

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:48
Last Modified: 19 Sep 2018 03:48
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item