“Perbandingan Perhitungan Konstruksi Kapal Landing Craft Tank (Lct) Akibat Pengaruh Perpindahan Klasifikasi Rina Ke Biro Klasifikasi Indonesia Terhadap Berat Perhitungan Konstruksi Kapal”

Mushofi, Imam (2017) “Perbandingan Perhitungan Konstruksi Kapal Landing Craft Tank (Lct) Akibat Pengaruh Perpindahan Klasifikasi Rina Ke Biro Klasifikasi Indonesia Terhadap Berat Perhitungan Konstruksi Kapal”. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Beberapa kapal yang beroperasi di Indonesia adalah kapal hasil buatan negara-negara Asia dan Eropa. Untuk mempermudah persyaratan klasifikasi kemudian dilakukan perubahan klasifikasi seperti yang dilakukan pada kapal LCT dari Badan Klasifikasi RINA ke BKI. Salah satu prosedur untuk melaksanakan perpindahan tersebut yaitu dengan menyerahkan hasil gambar-gambar kapal termasuk hasil pemeriksaan perhitungan konstruksi kapal menurut klasifikasi BKI dengan ukuran konstruksi kapal yang ada. Dari hasil pemeriksaan ukuran konstruksi tersebut kemungkinan terdapat perbedaan yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap perbedaan berat konstruksi kapal. Dalam tugas akhir ini, pemeriksaan konstruksi dilakukan pada daerah paralel midle body dengan membandingkan ukuran konstruksi kapal yang ada dengan hasil perhitungan konstruksi menurut klasifikasi BKI. Ukuran konstruksi riil kapal diperoleh berdasarkan data kapal yang ada meliputi tebal pelat serta penampang profil yang kemudian dikonversikan terhadap besarnya modulus penampang. Selanjutnya dilakukan perhitungan konstruksi pada daerah paralel midle body tersebut dengan menggunakan klasifikasi BKI yang meliputi besarnya tebal pelat dan modulus penampang dari profil tersebut. Hasil perhitungan dilakukan perbandingan terhadap tebal pelat, modulus penampang dari profil dan berat konstruksi sepanjang paralel midle body tersebut. Hasil perbandingan diketahui bahwa secara keseluruhan hasil pemeriksaan tebal riil pelat dan ukuran modulus penampang riil dari profil ternyata melebihi dari hasil perhitungan menurut klasifikasi BKI, serta perbedaan maksimum pada tebal pelat innerbottom sebesar 38,9 % dan modulus penampang pelintang sisi sebesar 44,78 %. Dari hasil perhitungan berat konstruksi diketahui besarnya perbedaan berat riil konstruksi paralel midlebody sebesar 16,61 ton dibandingkan dengan perhitungan berat dari ukuran konstruksi menurut klasifikasi BKI. Kata kunci : biro klasifikasi, perpindahan klasifikasi, rekomendasi, konstruksi. ABSTRACT Some vessels operating in Indonesia was the result of artificial countries of Asia and Europe. To simplify the requirements of classification done classification changes as done on ship Classification of LCT RIN to BKI. One of the procedures for carrying out the transfer that is to submit the images of the ship including the ship construction inspection results calculation according to rule the ship construction with a size of BKI. From the results of the examination of the possibility of construction size discrepancies which surely will also have an effect on the difference in the weight of the construction of the vessel. In this final task, the construction inspection done on the area parallel midle body by comparing the size of an existing ship construction with the results of the calculation of the construction according to classification BKI. The size of the real ship construction is obtained based on the data of an existing ship thick plate covers as well as a cross-section of the profile which is then converted against the magnitude modulus cross-section. Next do the calculation of the construction on the area parallel to the bodyusing the midle classification BKI which include thick plates and the magnitude of the modulus of the cross-section of the profile. The results of calculations performed a comparison against the thick plate, the modulus of the cross-section profile and heavy construction along parallel midle body. The results of the comparison note that the overall results of the examination of real thick plates and a real cross-section of the modulus size profile turns out to exceed the results of the calculation according to the rule, as well as the maximum difference BKI on thick plate of innerbottom amounted 38.9% and the horizontal sides of cross section modulus 44.78%. From the results of the calculation of the weight of the construction known the magnitude of the difference in the weight of the real construction of parallel midlebody of 16.61 tons compared with the calculation of the weight of the construction according to the size classification BKI. Keyword : bureau of classification, transfer of klasifikasi, recommendation, construction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:42
Last Modified: 19 Sep 2018 03:42
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item