Hafiz, Wahdani Naufal (2017) STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS PROTEKSI KATODIK ANTARA ANODA ALUMINIUM DAN ANODA ZINK PADA PELAT LAMBUNG KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lambung kapal merupakan bagian paling penting yang berfungsi menambah buoyancy pada kapal. Konstruksi lambung memiliki pelat kulit yang megalami kontak langsung dengan air laut terutama pada bagian lambung dibawah garis air. Pada bagian ini lambung akan mengalami korosi akibat baja yang tereduksi sehingga menerima kelebihan elektron. Besarnya densitas air laut juga memberikan pengaruh terhadap kecepatan laju korosi material. Laju korosi pada material logam dapat diminimalisir dengan pengecatan dan perlindungan katodik. Perlindungan katodik adalah metode untuk melindungi struktur logam dari korosi. Terdapat dua macam perlindungan katodik yang umum digunakan yaitu dengan metode ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) dan SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection). Kapal perintis 750 DWT memiliki WSA (Wetted Surface Area) sebesar 903,084 m 2 . Sehingga dipilih perlindungan katodik SACP yang dirasa lebih efisien dan ekonomis. Terdapat dua jenis anoda yang sering digunakan untuk proteksi kathodik pada lambung kapal yaitu aluminium (Al) dan Zink (Zn). Oleh karena itu perlu dibandingkan efektivitas proteksi katodik antara anoda aluminium dengan anoda zink baik dalam hal teknis maupun ekonomisnya. Serta dilakukan perencanaan penempatan anoda sesuai kapasitas proteksinya. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, diperoleh hasil perbandingan kebutuhan berat anoda zink sebesar 201,718 kg. dan anoda aluminium 58,274 kg. hal ini berdampak pada selisih biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan anoda dengan prosentase mencapai 60,68%. Kata kunci: korosi, anoda, alumunium, zink, kebutuhan. ABSTRACT Hull is the most important part that serves adds buoyancy on the ship. Construction on the hull there is a leather plate to experience direct contact with the sea water especially on the part of the hull below the water line. In this section of the hull will corrode due to the reduced steel so that it accepts an excess electron. The magnitude of the density of sea water also give influence on the speed of the rate of corrosion of materials. The rate of corrosion in metallic materials can be minimised with painting and cathodic protection. Cathodic protection is a method to protect metal structures from corrosion. There are two kinds of cathodic protection that are commonly used with ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) and the SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection). Kapal Perintis 750 DWT has the WSA (Wetted Surface Area) of 903.084 m 2 . So cathodic protection elected SACP where more efficiently and economically. There are two types of anodes which are often used to cathodic protection in the hull of ship that is aluminum (Al) and Zinc (Zn). Therefore need to compare the effectiveness of cathodic protection between the anode the anode with zinc aluminum either in terms of technical as well as economic. And do the design of protection anode placement appropriate capacity. Based on the analysis that has been done, the comparison of results obtained need weight anodes zinc amounted to 201.718 kg. and anode aluminum 58.274 kg. This resulted in a difference in cost for the procurement of the anode with the percentage reaching 60.68%. Key words: corrosion, anodes, aluminium, zink, needs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:15 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:15 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |