Damayanti, Fibbiani (2017) ANALISIS TEGANGAN AKIBAT PEMOTONGAN BALOK GELADAK PADA CARDECK KMP NUSAMAKMUR MENGGUNAKAN METODE ANALITIK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kapal merupakan salah satu alat transportasi laut yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Dalam proses pembangunan kapal, kekuatan struktur konstruksi sangatlah penting karena berfungsi dalam hal keselamatan bagi seluruh penumpang, awak kapal, dsb. KMP NUSAMAKMUR merupakan kapal tipe Ferry Ro-ro Semi Katamaran, yang di dalamnya terdapat geladak kendaraan (cardeck). Cardeck merupakan bagian konstruksi yang sangat penting karena fungsinya menopang secara melintang kapal dan menopang beban di atasnya. Pada penelitian tugas akhir ini, dilakukan analisa nilai tegangan akibat pemotongan balok geladak pada cardeck. Kapal bisa dikatakan safety apabila besar σ perhitungan yang terdapat pada struktur konstruksi tersebut tidak boleh melebihi nilai σijin bahan yang sesuai dengan rule BKI. Pada tugas akhir ini, akan dilakukan proses analisis tegangan akibat pemotongan balok geladak. Analisa yang digunakan yaitu analisa beban statis dengan metode perhitungan. Hasil analisa tegangan pada masing – masing daerah didapatkan nilai sebesar, pada daerah after = 132,46 MPa, middle = 135,5 MPa, dan fore = 122,67 MPa. Dari ketiga hasil tersebut, semua nilainya kurang dari nilai tegangan yang diijinkan oleh BKI yaitu sebesar 180 MPa. Selain besar nilai tegangan, dari hasil analisis ini juga didapatkan besar safety factor pada masing – masing daerah, yaitu pada daerah after = 1,36, middle = 1,33, serta pada daerah fore = 1,47. Kata kunci : Kapal Ferry, struktur konstruksi, kekuatan, cardeck, tegangan, safety factor ABSTRACT Ship is one of the tools used for marine transportation activities. In the process the build of the ship, the strength of construction structure is very important, because functioning in terms of safety for all passengers, crew, etc. KMP NUSAMAKMUR is the type of “Ferry Ro-Ro Semi Catamaran” ships, that the deck of the vehicle. Cardeck was part of construction is very important, because it function support the ship horizontally and sustain the burden upon it. On the research of this final project, conducted the stress analysis due to the cuttint of the deck beams on the cardeck. The ships could be said safety if value of σmax on the structure of the construkstion should not exceed the value σijin of the permission in accordance with rules BKI. In this final project, going to do process stress analysis due to the cutting of the deck beams. Analysis of static load analysis that is used with calculation method. The result of the stress analysis in each region in the get the value of, in after = 132,46 MPa, middle = 135,5 MPa, fore = 122,67 MPa. The result of the third, all value is less tahn value of stress permitted by rules BKI that amounting to 180 MPa. In addition to the great value of stress, from the result of this analysis are also in the get vaule of safety factor on each area, after = 1,36 , middle = 1,33 , and fore = 1,47. Keyword : Ferry ships, structure of construction, strength, cardeck, stress, safety factor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:05 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/913 |
Actions (login required)
View Item |