ANALISA PERBANDINGAN SISTEM PENGANGKATAN RAMPDOOR KAPAL LCU 1500 DWT

Rois, M. Aminur (2017) ANALISA PERBANDINGAN SISTEM PENGANGKATAN RAMPDOOR KAPAL LCU 1500 DWT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramp door (Pintu rampa) adalah pintu yang digunakan sebagai jalan untuk keluar masuknya kendaraan berupa tank dan transporter (truck) ke dalam kapal LCU (Landing Craft Utility) yang digunakan oleh TNI AD. Penggunaan ramp door sangat dibutuhkan untuk mempermudah proses membongkar dan memuat kendaraan dari dermaga penyeberangan ke kapal dan sebaliknya. Analisa perbandingan sistem pengangkatan rampdoor dimulai dengan menghitung berat konstruksi rampdoor yang didapat dari gamabar konstruksi rampdoor. Setelah mengetahui berat konstruksi, langkah berikutnya dilakukan perhitungan titik berat rampdoor, merencanakan sistem puli, membuat 3 pilihan titik angkat, menghitung beban titik angkat dan memilih sistem yang paling efisien. Dalam proses perhitungan, digunakan perbandingan letak titik angkat, kecepatan angkat dan daya motor yang sama. Dalam perhitungan ini juga memperhatikan efisiensi waktu. Sehingga diperoleh letak titik angkat 8 meter dari ujung belakang rampdoor dengan daya motor 45 Kw yang menghasilkan kecepatan angkat 0,45 m/s dan waktu membuka/menutup rampdoor selama 51 detik adalah sistem pengangkatan yang paling efisien. Kata kunci : Rampdoor, kapal LCU, konstruksi, efisiensi ABSTRACT Rampdoor is a door that is used as a way to get out the influx of vehicles form tanks and transporters (truck) into LCU (Landing Craft Utility) vessel that is used by the TNI AD. The use of ramp door is urgently needed to ease the process of loading unloading of vehicles crossing from the dock to the vessel and instead. A comparative analysis of the system of lifting rampdoor starts by calculating the weight construction rampdoor retrieved from the drawing construction rampdoor. After knowing the weight of the construction, the next step is done the calculation point of weight rampdoor, planning system pulley, makes 3 point lift options, calculate the load lifting point and choose the most efficient system. In the process of calculation, used the comparison layout point of lift, the lift speed and motor power. In this calculation is also paying attention to the efficiency of the time. So the lift point layout obtained 8 meters from the tip of the rear rampdoor with 45 Kw motor power that produces a lifting speed of 0.45 m/s and the time of open/close rampdoor for 51 seconds is the most efficient appointment system. Keywords : Rampdoor, LCU vessels, construction, efficiency

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:03
Last Modified: 19 Sep 2018 03:03
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item