ANALISA PERSENTASE CACAT LAS YANG SERING MUNCUL DALAM PENGUJIAN NDT DI PT. MITRAARTHA GEMA PERTIWI

Permanasari, Shinta Dwi (2017) ANALISA PERSENTASE CACAT LAS YANG SERING MUNCUL DALAM PENGUJIAN NDT DI PT. MITRAARTHA GEMA PERTIWI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Untuk mempertahankan sebuah kapal agar dapat terus berlayar, perlu adanya pemeriksaan-pemeriksaan secara berkala maupun khusus yang diberikan pada kapal tersebut. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada/tidaknya cacat las yang terjadi akibat pengelasan oleh welder,sehingga pemeriksaan ini bisa meminimalisir angka kecelakaan dikapal, mengurangi biaya operasional serta menghemat waktu dan tenaga pekerja. Pemeriksaan pada kapal terdiri dari Annual Surveydan Special Survey.Pada Annual Surveydilakukan pemeriksaan pada bagian lambung dari Keel hingga Sheer Strake. Sedangkan untuk Spesial Survey dilakukan di semua bagian kapal mulai dari haluan sampai buritan kapal. Semua itu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan bersama, baik penumpang maupun crew kapalnya sendiri.Oleh karena itu, untuk mengerjakan survey tersebut dibutuhkan tenaga ahli yang sesuai dengan bidangnya dan pengawasan oleh badan pengawas, salah satunya adalah BKI. Beberapa kapal yang akan diuji adalah KM. MULTI SPIRIT, TB. GRESSIN JAYA dan KM. SAFIRA NUSANTARA. Kapal-kapal tersebut di uji dengan pengujian Non-Destructive Test (NDT). Beberapa contoh pengujian NDT yang akan dilakukan di proposal ini adalah Pengujian Radiography, Magnetic Dan Liquid Penetrant Test. Dari pengujian tersebut, didapat cacat las yang sering muncul adalah crack dengan persentase keseluruhan sebesar 77.78%. Hal ini terjadi, karena disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor internal maupun faktor eksternal. Dengan mengetahui adanya cacat las tersebut kita bisa segera memberi solusi secara tepat dan tepat. Kata Kunci : Kapal, Pengujian, Cacat Las, Persentase, BKI ABSTRACT In order to maintain a vessel in order to continue sailing, it is necessary to have periodic or special checks on the vessel. This inspection is conducted with the aim to know the presence / absence of welding defects that occur due to welding by welder, so this examination can minimize the number of accidents on the vessel, reduce operational costs and save time and workers. Inspection on the ship consists of Annual Survey and Special Survey. In the Annual Survey examination on the stomach from Keel to Sheer Strake. As for Special Survey done in all parts of the ship from the bow to the stern of the ship. All that is done for the safety and comfort together, both passengers and crew his own ship. Therefore, to undertake the survey requires experts in accordance with their field and supervision by the regulatory body, one of which is BKI. Some of the vessels to be tested are KM. MULTI SPIRIT, TB. GRESSIN JAYA and KM. SAFIRA NUSANTARA. The vessels were tested with Non-Destructive Test (NDT) testing. Some examples of NDT testing to be performed on this proposal are Radiography, Magnetic and Liquid Penetrant Test. From the test, obtained a welding defect that often appears is crack with an overall percentage of 77.78%. This happens, because it is caused by many factors such as internal factors as well as external factors. By knowing the existence of welding defects we can immediately provide solutions precisely and precisely. Keyword : Ship, Testing, Welding Defect, Percentage, BKI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:29
Last Modified: 19 Sep 2018 02:29
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item