ANALISA PERHITUNGAN PERIODE OLENG PADA KAPAL FERRY KMP. KOKONAO 200 GT

Fanany, Achmad Ishlahul (2017) ANALISA PERHITUNGAN PERIODE OLENG PADA KAPAL FERRY KMP. KOKONAO 200 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Stabilitas adalah kemampuan kapal untuk kembali ke posisi semula sesudah miring akibat bekerjanya gaya-gaya terhadap kapal (Hind, 1967). Dalam tugas akhir ini terdapat sebuah permasalahan mengenai nilai periode oleng KMP. Kokonao 200 GT yang mana pada saat sea trial nilainya cukup kecil . Dengan menganalisa perhitungan stabilitas dan periode oleng dapat mengetahui penyebab kecilnya nilai periode oleng. Tahapan untuk dapat menghitung nilai periode oleng adalah pembuatan model dengan bantuan software maxsurf, langkah selanjutnya menentukan load case. Kemudian menghitung stabilitas dengan memasukkan criteria umum dan criteria khusus kapal passenger. Setelah menghitung stabilitas didapatkan nilai GM pada tiap load case, nilai GM tersebut digunakan untuk menghitung nilai periode oleng pada tiap kondisi. Hasil analisa dari 6 load case didapatkan bahwa load case 1 nilai GM 2.045 m dengan nilai periode oleng 4.42 detik. Load case 2 nilai GM 1.444 m dengan nilai periode oleng 5.26 detik. Load case 3 nilai GM 1.492 m dengan nilai periode oleng 5.17 detik. Load case 4 nilai GM 1.571 m dengan nilai periode oleng 5.04 detik. Load case 5 nilai GM 1.775 m dengan nilai periode oleng 4.74 detik. Load case 6 nilai GM 1.964 m dengan nilai periode oleng 4.85 detik. Dari kesimpulan 6 load case diatas didapatkan bahwa nilai periode olengnya tidak masuk acuan berdasarkan rule BKI tentang petunjuk pengujian kemiringan dan periode oleng kapal 2015 vol C part 6 statutory yaitu periode oleng diusahakan sebesar 8-14 detik. Maka solusi untuk memperlama nilai periode oleng adalah dengan memindahkan letak tangki bahan bakar dan letak tangki air tawar dari double bottom ke geladak terbuka, sehingga didapatkan nilai periode oleng pada kondisi load case 2 sebesar 13.78 detik. Kata kunci: Kapal, Stabilitas, Periode Oleng, Nilai GM. ABSTRACT Stability is the ability of the ship to return to its original position after tilting due to his work on styles (Hind, 1967). In final assignment, there is a problem regarding the value of rolling period KMP. Kokonao 200 GT which was at the time the sea trial value is quite small. By analyzing the calculation of stability and rolling period can figure out the cause of the small value of the rolling period. Stages to be able to calculate the value of rolling period is making models with the help of software maxsurf, next step specify a load case. Then calculate the stability criteria by entering general criteria and specific passenger ships criteria. After calculating the stability of the obtained values of GM for each load case, the GM value used for calculating the rolling period in each condition.. The results of the analysis of the 6 load case obtained that load case 1 the value GM 2.045 m with value rolling period 4.42 seconds. Load case 2 the value GM 1,444 m with value rolling period 5.26 seconds. Load case 3 the value GM 1,492 m with value rolling period 5.17 seconds. Load case 4 the value GM 1,571 m with value rolling period 5.04 seconds. Load case 5 the value GM 1,775 m with value rolling period 4.74 seconds. Load case 6 the value GM 1,964 m with value rolling period 4.85 seconds. conclusion of 6 load case above is obtained that the value of rolling period do not enter of based on the rule of test instructions BKI slope and ship rolling period 2015 vol C part 6 statutory that is value rolling period of 8-14 seconds. Then the solution for lengthening the value rolling period is to move the location of the fuel oil tank and the fresh water tank from double bottom to open deck, so that the obtained values of rolling period conditions load case 2 of 13.78 seconds. Key words: Ship, Stability, Rolling Period, The Value of GM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:27
Last Modified: 19 Sep 2018 02:27
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item