Studi Perbandingan Berat dan Titik Berat Kapal Bentuk Lambung Round Bottom Dan Hard Chine Pada Kapal Aluminium

Ariska, Iis (2017) Studi Perbandingan Berat dan Titik Berat Kapal Bentuk Lambung Round Bottom Dan Hard Chine Pada Kapal Aluminium. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pembuatan TA kali ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari dua jenis kosko kapal yang biasa digunakan yaitu kosko kapal dengan jenis Round Bottom dan Hard Chine yang dikerjakan pada kapal speedboat aluminium. Speedboat adalah jenis kapal yang biasanya terbuat dari fibreglass yang dilengkapi dengan mesin tempel 40 hingga 200 PK dengan kecepatan tinggi yang mempunyai kapasitas angkut maksimal hanya 6 sampai 8 orang. Hal ini memungkinkan karena ukuran dari kapal speed boat ini yang kecil sehingga mempermudah gerakan dari kapal speedboat tersebut. Kapal yang digunakan untuk melakukan studi perbandingan ini yaitu kapal aluminium yang dibangun di PPNS yaitu kapal cepat Rescue E-Boat. Metode penelitian dari TA dilakukan dengan survey lapangan, yang dimaksudkan yaitu PPNS untuk mendapatkan data ukuran utama kapal dan lines plan kemudian mendesain kapal cepat dengan software maxsurf. Dengan desain yang sudah ada kemudian dimodifikasi menjadi dua jenis kapal yang mempunyai jenis lambung yang berbeda yaitu lambung kapal dengan jenis Hard Chine dan Round Bottom, tanpa mengubah ukuran utama kapal. Software yang dibutuhkan adalah Autocad 2007 dan Maxsurf. Setelah mendesain dua jenis lambung kapal pada maxsurf dan autocad, maka dapat dibandingkan berat dan titik berat kapal speedboat yang dikerjakan. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data yang dilakukan dapat dibandingkan yaitu berat total dari kapal aluminium dengan lambung round bottom sebesar 0,51975 Ton, sedangkan berat total dari kapal aluminium dengan lambung hard chine sebesar 0,5657 Ton. LCG total dari kapal dengan jenis lambung round bottom berada di -0,493 m dari midship dengan KG total berada di 0,728 m dari base line. Sedangkan LCG total dari kapal dengan jenis hard chine berada di -0,507 m dari midship dengan KG total berada di 0,792 m dari base line. Kata Kunci : Speed Boat, Hard Chine, Round Bottom, Aluminium ABSTRACT TA report this time aims to determine the comparison of the two types of hull commonly used ship hull with the type of Round Bottom and Hard Chine is done on the ship speedboat aluminum. Speedboat is a type of ship usually made of fiberglass equipped with outboard engines 40 to 200 PK with high speed that has a maximum transport capacity of only 6 to 8 people. This is possible because the size of this small boat .The ship is small so that easier movement of the boat speed boat. The ship used to conduct this comparative study is the aluminum ship built in the PPNS of the Rapid Rescue E-Boat. The research method of TA is conducted by field survey, which is intended to be PPNS to get data of main size of ship and lines plan then designing fast ship with maxsurf software. With an existing design then modified into two types of ships that have different types of hull that is the hull of the ship with the type of Hard Chine and Round Bottom, without changing the main size of the ship. Software needed is Autocad 2007 and Maxsurf. After designing two types of ship hulls on maxsurf and autocad, it can be compared the weight and point weight of the speedboat vessel being worked on. From the calculation and data processing performed can be compared the total weight of the aluminum speedboat with a round bottom hinge of 0.51975 Ton, while the total weight of the aluminum speedboat with hard chine aluminum of 0.5657 Ton. The total LCG of the ship with round hull type is at -0.493 m from the midship with the total KG being at 0.728 m from the base line. While the total LCG of the ship with the hard chine type was at -0.507 m from the midship with total KG at 0.792 m from the base line. Keywords: Speed Boat, Hard Chine, Round Bottom, Aluminum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:24
Last Modified: 19 Sep 2018 02:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item