Desain Gangway untuk Kapal Navigasi di PT Orela Shipyard

Amin, Abdul Azis (2017) Desain Gangway untuk Kapal Navigasi di PT Orela Shipyard. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mendesain suatu produk dibutuhkan 3 aspek sangat dipertimbangkan, yaitu kekuatan, biaya, serta berat mati dari produk itu sendiri. Desain yang tepat akan menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Diharapkan setelah melakukan percobaan ini dapat memberikan informasi bagi semua kalangan dalam proses desain maupun proses produksi gangway. Teknik yang digunakan dalam proposal tugas akhir ini adalah melakukan studi literatur terhadap desain-desain gangway yang telah ada, kemudian dimodifikasi sesuai dengan kondisi tempat yang akan diletakan gangway. Studi literatur digunakan untuk mencari referensi data desain gangway maupun dalam hal perhitungan kekuatannya. Dari hasil analisa dan pembahasan didapatkan desain gangway menggunakan material baja. Untuk railing gangway menggunakan pipa ᴓ1 inch, sedangkan untuk body gangway menggunakan Rectangular Hollow Section 100x50x4,5. Tegangan maksimal yang dialami oleh gangway adalah sebesar , sedangkan berdasarkan Badan Kasifikasi Indonesia (BKI) Volume II Section 10 A-2, tegangan izin yang diberikan adalah σb= ). Maka tegangan yang dialami gangway ≤ tegangan izinnya, sehingga desain gangway memenuhi dari segi kekuatannya. Sedangkan berdasarkan analisa menggunakan Autodesk Inventor tegangan yang dialami gangway adalah sebesar 0,01 – 29,57 MPa. Untuk memproduksi ganggway dibutuhkan material 2 lonjor profil hollow 100x50x45, 5 lonjor pipa DN 1 inch dengan panjang 6m, 1 lonjor pipa DN 1,25 inch dengan panjang 6m, 1 lonjor roundbar ᴓ10mm dengan panjang 6m, 1 lembat plat bordes t= 3mm. Kata Kunci: Desain, Gangway, Kapal Navigasi, Efisien, Kekuatan, Baja. ABSTRACT Designing a product required 3 aspect very considered, its strength, costs, and the deadweight from the product itself. The proper design will produce a product with high quality. Expected after doing this experiment can give information for all people about the design process and the production process of the gangway. The techniques used in this final project is conducting a study of the literature about the designs of gangway, then modified in accordance with the conditions which shall be placed at gangway. Study of literature is used to find data reference design gangway and the terms of the calculation of strength. Analysis and discussion of the results obtained the gangway design using steel material. Gangway use pipe ᴓ1 inch for the gangway railing, while the gangway use Rectangular Hollow Section 100x50x4.5 for the body gangway. The results of the gangway maximum stress is , while based on the Badan Kasifikasi Indonesia (BKI) Volume II, Section 10 A-2, the stress is given permission σ b = ). Based on Autodesk Inventor analyzed, stress of gangway is 0,01 – 29,57 MPa. Then the stress of the gangway ≤ gangway permissions, so the design of a gangway pass for terms of strength. Produce gangway is needed material required 2 Rectangular Hollow Section profiles 100x50x45, 5 pipes DN 1 inch with a length of 6 m, 1 pipe DN 1.25 inch with a length of 6 m, 1 roundbar ᴓ10 mm with a length of 6 m, 1 bordes plate t= 3mm. Key Words: Design, Gangway, Navigation Vessel, Efficient, Strength, Steel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:15
Last Modified: 19 Sep 2018 02:15
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item