MODIFIKASI DESAIN PROFIL RADIATOR PADA KERETA REL DIESEL ELEKTRIK (KRDE) MINANGKABAU TYPE TeC AKIBAT BEBAN AKSIAL DENGAN METERIAL STRUKTURAL STEEL (SUS) 304

Nisa’, Khoirotun (2017) MODIFIKASI DESAIN PROFIL RADIATOR PADA KERETA REL DIESEL ELEKTRIK (KRDE) MINANGKABAU TYPE TeC AKIBAT BEBAN AKSIAL DENGAN METERIAL STRUKTURAL STEEL (SUS) 304. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Hal ini menuntut adanya sarana dan prasana transportasi yang memadai dan aman serta ekonomis digunakan mengingat kontur geografis Indonesia tidak sama. Berdasarkan isu tersebut pengembangan dan perbaikan sarana transportasi harus dilakukan. Kereta api merupakan salah satu transportasi darat yang dinilai layak serta aman digunakan untuk angkutan manusia maupun barang dengan kapasitas besar. Di Pulau Sumatera khususnya, dengan kondisi topografi pegunungan serta terowongan yang sempit membutuhkan kereta api dengan standar yang berbeda dengan di Pulau Jawa. KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) adalah kereta api dimana pada gerbong terdapat mesin penggerak diesel berbahan solar yang akan diteruskan ke roda penggerak secara elektrik menggunakan mesin traksi. KRDE saat ini dikembangkan oleh PT. INKA (Persero) dengan memanfaatkan modifikasi desain tanpa mengurangi nilai kekuatan dan ketahanan dari kereta api. Salah satu bagian kereta api pada KRDE Minangkabau Type TeC yang dimodifikasi adalah tempat radiator. Umumnya untuk konstruksi tempat peletakan radiator diperlukan profil dengan tebal 1500 mm serta dimensi tinggi dan lebar yang telah ditentukan sebagimana pembangunan kereta api di Pulau Jawa. Tapi hal ini akan mempersulit realisasi pembangunan kerta api di Pulau Sumatera karena diperlukan standar dimensi yang berbeda agar tidak mengurangi nilai ekonomis radiator sehingga tertutup rain cover secara sempurna. Berdasarkan permasalahan tersebut, modifikasi desain diperlukan sebagai sarana pemecahan masalah terkait desain profil radiator dengan mempertimbangkan aspek kekuatan konstruksi akibat beban aksial dengan kondisi tetentu. Modifikasi desain direncanakan dengan membandingkan dua (2) konsep desain yaitu, desain dengan profil Z yang diekstrusi sepanjang 2.815 mm, serta desain profil double L dengan ekstrusi panjang yang sama. Dalam hal ini material yang digunakan adalah Structural Steel (SUS) 304. Kata kunci : radiator, KRDE Minangkabau type TeC, profil, modifikasi desain, SUS 304. Abstract-Indonesia is an archipelagic country with the largest population in Southeast Asia. This requires the existence of facilities and infrastructure adequate and safe transportation and economic to given Indonesia's geographical contours are not the same. Based on these issues the development and improvement of the means of transportation should be undertaken Railway is one of the land transportation that is considered feasible and safe to use for the transportation of people and goods with large capacity. Specially in Sumatra, with the condition of mountain topography as well as a narrow tunnel requires a train with a different standard than in Java. KRDE (Electrical Diesel Rail Train) is a railway carriage where there are -driven diesel engines that will be forwarded to the driving wheels electrically using traction machine. KRDE is currently developed by PT. Inka (Persero) by utilizing design modifications without reducing the strength and resilience of the train. One of part on the modified TeC Minangkabau Type TeC is the radiator holder. Generally for the construction of the place where the radiator laying required a profile with a thick 1500 mm, dimension height and width that have been determined as the construction of trains on the island of Java. But this will complicate the realization of railway construction on the island of Sumatra because it requires a different dimensional standards in order not to reduce the economic value of the radiator So that the rain cover completely closed. Based on the above problems, design modifications are required because of the means. Modified designs with two design designs, designs with extruded Z profiles along 2815 mm, and double profile design L with the same length of extrusion. In this case the material used is structural steel (SUS) 304. Keywords: radiator, KRDE Minangkabau type TeC, profile, modification, design, SUS 304

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 05:49
Last Modified: 18 Sep 2018 05:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item