Martantina, Riska (2017) ANALISA LAJU KOROSI UNTUK MENGETAHUI PENGARUH ANODA TERHADAP PENGURANGAN KETEBALAN PLAT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pelat lambung kapal merupakan bagian konstruksi yang pertama kali terkena korosi air laut.Korosi pada pelat lambung kapal mengakibatkan turunnya kekuatan dan umur pakai kapal, sehingga dapat mengurangi jaminan keselamatan muatan barang dan penumpang kapal.Penelitian ini menganalisispengaruh anoda dan laju korosi pada plat baja yang biasa dipakai sebagai material kapal dengan mengamati perubahan ketebalan plat selama masa operasi kapal. Pada perubahan ketebalan plat terdapat peran anoda sebagai pengendalian korosi baja yang selanjutnya ditempatkan pada area lingkungan yang korosif.Jenis anoda korban yang digunakan dalam penelitian ini adalah paduan alumunium. Anoda korban paduan aluminium yang dipasang pada pelat lambung kapal secara vertikal dapat memperlambat laju korosi rata-rata sebesar 1,37 mm/tahun setelah kapal berlayar selama 1 tahun. Anoda korban paduan aluminium yang dipasang pada pelat lambung kapal secara longitudinal atau horizontal dapat memperlambat laju korosi rata-rata sebesar 2,64 mm/tahun setelah kapal berlayar selama 1 tahun. Perlindungan anoda sangat berpengaruh dalam menghambat laju korosi dan pengurangan ketebalan plat.Perhitungan laju korosi dengan perlindungan anoda lebih kecil dari perhitungan laju korosi tanpa perlindungan anoda.Besar pengaruh perlindungan anoda dilihat dari efesiensi pemakanan anoda alumunium yaitu 95 % dari laju korosi tanpa anoda. Kata Kunci :Anoda Katodik, Laju Korosi, Pelat Kapal. ABSTRACT The ship's hull plates are part of the construction that was first exposed to corrosion of sea water. Corrosion on the hull plates results in the decrease in strength and life of the vessel, thereby reducing the safety of cargo and passenger loads. This study analyzed the effect of anode and corrosion rate on steel plate commonly used as ship material by observing change of plate thickness during ship operation period. In the change of plate thickness there is anode role as steel corrosion control which then placed in corrosive environment area. The type of sacrificial anode used in this study was an aluminum alloy. The sacrificial aluminum alloy anode mounted on the vertical hull plate can slow down the average corrosion rate by 1.37 mm / yr after the vessel sailed for 1 year. The sacrificial aluminum alloy anode mounted on the longitudinal or horizontal hull plates can slow down the average corrosion rate by 2.64 mm / yr after the vessel sailed for 1 year. Anode protection is very influential in inhibiting corrosion rate and plate thickness reduction. The calculation of corrosion rate with anode protection is less than the calculation of corrosion rate without anode protection. The magnitude of the anode protection effect is seen from the anode aluminum feeding efficiency of 95% of the corrosion rate without the anode. Key Words : Cathode Anode, Corrosion Rate, Ship Plate.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 05:43 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 05:43 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |