Wiranomo, Febriarno (2017) ANALISIS KECELAKAAN PADA PESAWAT X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STEP, FTA, DAN MORT DI BANDAR UDARA Y. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Data kejadian pada perusahaan pengelola bandar udara Y menunjukan bahwa pada tahun 2016 terjadi kecelakaan dengan kategori serious incident yang melibatkan pesawat X dengan nomor penerbangan Z123 pesawat tersebut bertipe B123. Pada badan pesawat X bagian bawah robek akibat pecahan aspal paved shoulder runway saat melakukan pendaratan. Investigasi awal yang dilakukan oleh KNKT belum dapat menunjukan basic cause dari kejadian kecelakaan tersebut serta belum dilakukan proses analisis kecelakaan yang lebih mendalam mengenai faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Penelitian ini dilakukan analisis kecelakaan untuk mengetahui basic cause dari kejadian kecelakaan. Metode analisis yang digunakan untuk mengetaui basic cause yaitu metode STEP, FTA dan MORT. Dari hasil analisis kecelakaan dengan menggunakan metode STEP didapatkan rincian kronologi serta aktor yang berperan dalam kecelakaan pesawat X yaitu pesawat X, pilot, fasilitas bandar udara Z, fasilitas bandar udara Y, ATC bandar udara Z, dan ATC bandar udara Y. Hasil analisis kecelakaan dengan menggunakan metode FTA didapatkan hasil basic cause kombinasi cutset dari hasil analisis yaitu 30 kombinasi cutset dengan basic event dari setiap kombinasi cutset yaitu 5 basic event dan pada analisis kecelakaan MORT didapatkan basic event berjumlah 10. Berdasarkan basic cause dan basic event dari analisis FTA dan MORT didapatkan rekomendasi agar kecelakaan serupa tidak terulang. Kata Kunci : Analisis kecelakaan, FTA (Fault Tree Analysis), Investigasi kecelakaan, MORT (Management Oversight and Risk Tree), runway, STEP (Sequential timed events plotting). ABSTRACT Incident data at the airport management company Y in 2016 occurred accidentally with the category of serious incident related to plane X with flight number Z123 aircraft is type B123. The bottom of the plane X was ruptures due to broken paved shoulder runway when landing. Initial investigation conducted by KNKT has not been able to show the basic cause of the accident incident and has not finish a more in-depth accident analysis process about the faktors that caused the accident. This reference that to analyze the basic causes of accident events using STEP, FTA and MORT methods. STEP method is used for chronology and aktor details were taken in the plane X crash, that is plane X, pilot, airport facility Z, airport facility Y, ATC airport Z, and ATC Y airport. FTA method used for result of basic cause, combination of cutset from result of analysis that is thirty combination of cutset with basic event from each combination cutset that are four basic event, and at accident MORT analysis have basic event amounted to ten. Based on the basic cause and basic event of the FTA and MORT analysis, some recommendation purpose for the safety improvement to prevent the same accident. Keywords: accident analysis, FTA (Tree Fault Tree Analysis), accident investigation, MORT (Management Oversight and Risk Tree), runway, STEP (Sequential timed events plotting).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | ?? tkdkk ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 05:00 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 05:00 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
View Item |