ANALISA DESAIN FASILITAS PENERIMAAN DARAT (ONSHORE RECEIVING FACILITIES) DIESEL STORAGE TANK SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN MINYAK

Mujib, Abdul (2016) ANALISA DESAIN FASILITAS PENERIMAAN DARAT (ONSHORE RECEIVING FACILITIES) DIESEL STORAGE TANK SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN MINYAK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tangki timbun atau storage tank menjadi bagian terpenting dalam suatu proses di industri, storage tank digunakan untuk menyimpan zat cair sebelum didistribusikan ke komponen ataupun tempat lain, keperluan penyimpanan bahan bakar pada pembangkit listrik, bisa juga sebagai penyimpanan minyak pada refinery dan untuk penyimpanan gas tertentu sesuai dengan kebutuhan industri. Diesel storage tank merupakan salah satu produk yang akan yang akan dikerjakan oleh PT. Boma Bisma indra yang merupakan project onshore receiving facilities order EPCC of Bukit Tua Development. Tangki memiliki kapasitas volume penuh sebesar 28,3 m³ dengan design pressure sebesar 0,023 barg, namun dalam proses pengerjaan product tersebut, perusahaan langsung mengerjakan berdasarkan drawing yang diberikan customer tanpa dilakukan analisa kembali. Oleh karena itu untuk menjamin tingkat keamanan tangki perlu dilakukan analisa kembali pada desain tersebut. Proses desain kontruksi mengacu standart API 650 Twelft Edition, adapun analisa desain pada penelitian ini yang dilakukan meliputi penentuan tebal shell course, bottom plate, opening, flush type clean out dan stabilitas angin. Sedangkan untuk analisa tegangan akibat tekanan zat cair (hydro) dalam tangki dilakukan menggunakan finite element methode dengan bantuan software Ansys 14.5. Dari hasil analisa kontruksi diesel storage tangki yang mengacu standart API 650 Twelft Edition didapatkan tebal plat shell yang digunakan 5 mm sedangkan untuk plat roof 8 mm, dan hasil simulasi dengan finite element methode ketika kontruksi diberikan pembebanan berupa tekanan design pressure sebesar 0,0023 MPa, tegangan maksimum yang dihasilkan sebesar 1,937 MPa pada bagian nozzle, sedangkan untuk analisa dengan pemebebanan tekanan hidrostatik menghasilkan nilai tegangan maksimum pada bagian nozzle sebesar 22,343 MPa dan masih dibawah tegangan yield material sebesar 240 MPa sehingga dapat disimpulkan bahwa kontruksi tangki masih aman. Kata kunci : Diesel storage tank, tekanan design, tekanan hydrostatik, tegangan maksimum. ABSTRACT Storage tank becomes the most important part in a process in the industry, storage tanks used to store liquid before it is distributed to the components or elsewhere, the purpose of fuel storage at power plants, can also as oil storage at the refinery and for storage of a particular gas in accordance with the needs of industry. Diesel storage tank is one product that will be undertaken by PT . Boma Bisma senses an onshore receiving facilities project EPCC order of Bukit Tua Development. The tank has a capacity of 28.3 m³ volume is filled with a design pressure of 0,023 barg, but in the process the company's product directly work by drawing a given customer without analysis back. Therefore, to ensure the security level of the tank needs to be analyzed back on the design. Construction design process refers to a standard API 650 Twelft Edition, while the design analysis conducted in this study includes the determination of the thick shell course, bottom plate, opening, flush -type clean out and wind stability. As for the stress analysis due to the pressure liquid (hydro) in the tank performed using the finite element method with the aid of software Ansys 14.5. From the analysis of the construction of a diesel storage tank refers to standard API 650 Edition Twelft obtained plate thickness 5mm while the shell is used for roof plate 8 mm, and the simulation results with the finite element method when the construction was given loading form design pressure of 0.0023 MPa pressure, stress the resulting maximum of 1.937 MPa at the nozzle , where as for analysis by pemebebanan hydrostatic pressure produces a maximum stress value at the nozzle of 22.343 MPa , and still below the yield stress of 240 MPa material so that it can be concluded that the construction of the tank is still safe. Keywords : Diesel storage tanks , pressure design pressure, hydrostatic pressure, maximum stress.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:56
Last Modified: 17 Sep 2018 02:56
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item