PENGARUH VARIASI PENDINGINAN PADA PENGELASAN MATERIAL GRADE A TERHADAP UJI KEKERASAN

Pamungkas, Retno Ayu (2016) PENGARUH VARIASI PENDINGINAN PADA PENGELASAN MATERIAL GRADE A TERHADAP UJI KEKERASAN. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam industri perkapalan, khususnya dalam pembangunan konstruksi kapal, pada bagian konstruksi kapal terdapat adanya proses pengelasan untuk dapat menyambungkan satu bagian dengan bagian yang lainnya. Dalam proses pengelasan konstruksi kapal yang mengalami proses pendinginan (cooling) akan mengalami perubahan struktur mikro dan sifat mekanik. Dengan kondisi pendinginan seperi ini maka material akan mengalami perubahan nilai kekerasan dan stuktur miro yang berbeda. Penelitian ini membahas tentang pengaruh variasi pendinginan pada pengelasan material KI Grade A. Perlakuan material setelah adanya proses pengelasan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendinginan (cooling). Kondisi pendinginan dalam penelitian ini berupa pendinginan alami, pendinginan air, dan pendinginan oli. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji macro etsa dan uji kekerasan. Dari pengujian macro etsa yang didapat, daerah yang ditunjukkan dari hasil pengelasan dapat terlihat jelas. HAZ yang paling lebar terjadi pada pengelasan dengan pendinginan secara alami KI Grade A(A1),dibanding dengan lebar HAZ dengan pendinginan menggunakan oli KI Grade A(A1). Dari pengujian kekerasan yang telah dilakukan pada material KI Grade A diketahui nilai kekerasan rata-rata tertinggi terjadi pada weld metal pendinginan oli pada bagian Root (A3 Root) sebesar 202.3 HV sedangkan nilai kekerasan terendah terjadi pada base metal pendinginan alami (A1) sebesar 135.1 HV. Kata Kunci : KI Grade A, Pengelasan, Pendinginan, Hardness Test, Macro Etsa In the shipping industry, particularly in the construction of a ship's construction, on the part of the ship's construction there is the welding process to be able to connect one piece with another. In the process of construction of the ship experienced the process cooling (cooling) will undergo changes in the microstructure and mechanical properties. With the cooling conditions are like this then material will change the hardness and structure miro different. This study discusses the effect of cooling on welding material variation KI Grade A. The treatment of the material after the welding process in this research by using cooling (cooling). Cooling conditions in this study a natural cooling, cooling water and oil cooling. Tests conducted in this study is the macro etching test and hardness test. From the testing macro etching obtained, the area indicated on the welding results can be seen clearly. HAZ widest occur in the welding with cooling naturally KI Grade A (A1), compared with a width of HAZ by using oil cooling KI Grade A (A1). Of hardness testing has been done on the material KI Grade A known hardness value of the average highest in the weld metal cooling oil on the Root (A3 Root) amounted to 202.3 HV while the hardness value of the lowest occurred in the base metal natural cooling (A1) amounted to 135.1 HV , Keywords: KI Grade A, Welding, Cooling, Hardness Test, Macro Etching

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2018 04:08
Last Modified: 15 Sep 2018 04:08
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item