PEMILIHAN MAIN ENGINE PADA KAPAL BARU LCU DI PT PAL INDONESIA (Persero)

Pratama, Bimazura (2016) PEMILIHAN MAIN ENGINE PADA KAPAL BARU LCU DI PT PAL INDONESIA (Persero). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Engine merupakan suatu alat penggerak utama yang berperan sangat penting untuk menggerakkan semua alat transportasi yang ada baik di darat, udara maupun dilaut. Indonesia merupakan negara yang hampir 5,8 juta km 2 atau sekitar 70% wilayahnya perairan dari total yang dimiliki. Berdasarkan luas wilayah perairan yang dimiliki, Indonesia memerlukan sebuah kapal yang memiliki motor penggerak utama yang tangguh dan mampu bekerja secara optimal. Maka dari itu dalam pemilihan motor harus melalui proses yang sesuai. Pemilihan daya motor dilakukan dengan memperhitungkan nilai tahanan. Dalam menghitung tahanan pada kapal ini digunakan dua methode perhitungan, dengan validasi antara perhitungan manual dengan software maxsurf hullspeed. Yang dilanjutkan dengan perhitungan daya motor atau BHP (Break Horse Power). Hasil dari perhitungan BHP digunakan untuk memilih engine yang sesuai dengan hasil daya yang didapat. Berdasarkan hasil perhitungan tahanannya diperoleh nilai sebesar 39,86188 kN dengan kecepatan 13 knot. Untuk perhitungan daya engine diperoleh daya sebesar 273,41528 kW Kata kunci : Daya, Main Engine, Tahanan ABSTRACT Engine is a prime mover tool whose role is essential to mobilize all means of transportation that exist both on land, air and sea. Indonesia is a country with nearly 5.8 million km2, or approximately 70% of the total area owned waters. Based on the extensive water areas that are owned, Indonesia requires a ship that has a major driving force tough and able to work optimally. Therefore in the selection of the motor to go through the appropriate process. Selection of motor power is done by calculating the resistance value. In calculating the prisoners on the ship used two calculation method, the validation of the manual calculation with software maxsurf hullspeed. Followed by calculation of motor power or BHP (Break Horse Power). Results of the calculations used to select the BHP engine power in accordance with the results obtained. Based on the results of the calculation of prisoners obtained a value of 39,86188 kN with 13 knot speed. Power calculation engine for power obtained by 273,41528 kW x 2. Keyword : Power, Main Engine, Resistance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2018 02:56
Last Modified: 15 Sep 2018 02:56
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item