ANALISA PENGARUH PERAWATAN DAN PERBAIKAN PISTON TERHADAP DAYA (IHP) MESIN DIESEL MAN B&W 6L50MC PADA KM. ARMADA PERSADA

Pambudi, Ivan Galih (2016) ANALISA PENGARUH PERAWATAN DAN PERBAIKAN PISTON TERHADAP DAYA (IHP) MESIN DIESEL MAN B&W 6L50MC PADA KM. ARMADA PERSADA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Piston adalah salah satu komponen penting yang ada didalam mesin diesel.Komponen tersebut berpengaruh terhadap daya (IHP) yang dihasilkan oleh mesin diesel.Sehingga keadaan yang dialami oleh piston berpengaruh terhadap kinerja mesin yang dihasilkan. Apabila proses kerja piston tidak maksimal, maka daya (IHP) yang dihasilkan mesin disel tidak maksimal. Pada kapal container KM.Armada Persada yang memiliki main engine MAN B&W 6L50MC mengalami kerusakan pada bagian piston yang disebabkan oleh sistem pendinginan pada mesin disel pada piston bagian piston 3 (tiga) yang terjadi kerusakan dan menyebabkan overheat. Sehingga piston harus dilakukan perawatan dan perbaikan. Pada piston terdapat bagian yang dapat di recondition dan tidak dapat di recondition yang dapat mempengaruhi daya (IHP) mesin disel. Daya(IHP) yang dihasilkan sebelum overhaul dan sesudah overhaul menunjukan keberhasilan peningkatan daya mesin, yaitu pada daya IHP putaran 120 rpm sampai dengan 140 rpm menghasilkan peningkatan daya IHP dari 12107,72 HP sampai 14124,505 HP menjadi 12449,068 HP sampai 14523,913 HP. Daya mesin induk menurun karena terjadi kerusakan pada piston 3 (tiga) dan mengalami penurunan tekanan sehingga daya mesin menurun dan perlu dilakukan perbaikan. Dari data sesudah overhaul diketahui peningkatan daya mesin meningkat 2,82%. Kata Kunci : Recondition, Piston, Daya Indikator (IHP). ABSTRACT Piston is the important components in the diesel engine. These components affect the power(IHP) generated by diesel engines So the circumstances experienced by the piston effect on engine performance resulting. If the process does not work the maximum piston, then power(IHP) The resulting diesel engine is not maximal. In the container ship KM.Armada Persada which has the main engine MAN B & W 6L50MC damaged in part caused by the piston cooling system on diesel engines. In the piston section 3 ( three ) there is damage that causes overheating so that the piston must do maintenance and repairs. On the piston there is a section that can recondition and can not recondition that can affect power ( IHP ) diesel engine Power generated before and after the overhaul overhaul showed successful increase in engine power, the IHP power rotation 120 rpm to 140 rpm to produce 12107,72 HP up to 14124,505 HP to 12449,068 HP up to 14523,913 HP. Main engine power decreases due to damage to the piston 3 ( three ) and depressurization so the power ( IHP ) decrease engine and needs to be improved. .From the data after overhaul was known engine up 2,82% power increase. . Keywords : Recondition, Piston, Indicated Power (IHP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 06:19
Last Modified: 14 Sep 2018 06:19
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item