PENGARUH KEMIRINGAN VERTIKAL DAN HORIZONTAL FRAME SWIVEL BOGIE TERHADAP KEKUATAN FRAME LOWBED TRAILER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

SASMITA ADI, MAULANA TRI (2025) PENGARUH KEMIRINGAN VERTIKAL DAN HORIZONTAL FRAME SWIVEL BOGIE TERHADAP KEKUATAN FRAME LOWBED TRAILER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0621040013 - Maulana Tri Sasmita Adi - Pengaruh Kemiringan Vertikal dan Horizontal _i_Frame__i_ _i_Swivel__i_ _i_Bogie__i_ terhadap Kekuatan _i_Frame__i_ _i_Lowbed__i_ _i_Trailer__i_ Menggunakan Metode Elemen H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lowbed trailer merupakan kendaraan khusus yang dirancang untuk mengangkut beban berat dengan struktur rangka yang kuat dan andal. Salah satu komponen penting dalam sistem ini adalah frame swivel bogie, yang berfungsi untuk mendistribusikan beban secara merata ke roda sekaligus memberikan fleksibilitas gerak pada berbagai kondisi medan. Variasi sudut kemiringan, baik vertikal maupun horizontal, pada frame swivel bogie dapat memengaruhi distribusi beban dan berpotensi menimbulkan tegangan berlebih yang dapat menyebabkan kegagalan struktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut kemiringan vertikal 5° dan horizontal 6° terhadap kekuatan struktur lowbed trailer. Analisis dilakukan melalui perhitungan teoritis sebagai pembanding serta menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan perangkat lunak Fusion 360. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai tegangan maksimum sebesar 160,033 MPa pada kondisi normal, 148,80 MPa pada kemiringan vertikal 5°, dan 7,895 MPa pada kemiringan horizontal 6°, di mana nilai tersebut masih berada di bawah tegangan izin sebesar 243,333 MPa. Sementara itu, hasil simulasi menggunakan perangkat lunak Fusion 360 menunjukkan nilai tegangan maksimum sebesar 203,879 MPa pada kondisi normal, 202,378 MPa pada kemiringan vertikal 5°, dan 26,569 MPa pada kemiringan horizontal 6°. Dapat disimpulkan bahwa lowbed trailer dengan kondisi normal, kemiringan vertikal 5° dan kemiringan horizontal 6° masih berada dalam batas aman dan dinyatakan aman untuk menampung muatan beban sebesar 120 ton

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No Inventaris :8924/TDM-21/2025 Lokasi TA :589
Uncontrolled Keywords: analisis tegangan, elemen hingga, lowbed trailer, pemodelan 3D, struktur sasis
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Perencanaan, Pengendalian, dan Persediaan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:20
Last Modified: 17 Dec 2025 07:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item