ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA MOBILE TELKOMSEL INTERNET SAKTI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MARKETING MIX 4P

FERDINAND, ILHAM (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA MOBILE TELKOMSEL INTERNET SAKTI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MARKETING MIX 4P. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040119 - Ilham Ferdinand - Analisis Tingkat Kepuasaan Pelanggan Pengguna _i_Mobile__i_ Telkomsel Internet Sakti Menggunakan Metode _i_Importance Performance Analysis__i_ (IPA) dan _i_Marketing Mix__i_ 4P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang Telekomunikasi yaitu Telkomsel one, By.U,Telkomsel prabayar, yang terletak di Kota Surabaya. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Importance Performance Analysis ( IPA) untuk mengetahui perbaikan yang perlu diutamakan berdasarkan kuadaran. Sedangkan untuk rekomendasi produk, harga, promosi, menggunakan metode Marketing Mix 4P. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa atribut layanan yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya terdapat pada Kuadran I, terutama pada dimensi Tangible (gap TB3: -0.22), Reliability (gap RL3: -0.26, RL4: -0.23), dan Responsiveness (gap RV1: -0.18, RV2: +0.10, RV3: +0.20). Dimensi Assurance menunjukkan kesesuaian sempurna dengan gap 0.00, sementara dimensi Empathy menunjukkan gap positif pada semua item (0.15-0.16), yang menunjukkan bahwa aspek empati dalam layanan melebihi harapan pelanggan. Oleh karena itu, Telkomsel perlu memprioritaskan perbaikan pada atribut-atribut ini untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Selain itu, diterapkan strategi marketing mix 4P untuk memperbaiki kualitas produk My Telkomsel, meliputi: memastikan kualitas jaringan tinggi dan stabil (Product), menetapkan harga yang mencerminkan nilai kualitas jaringan superior (Price), mengkomunikasikan keunggulan jaringan dalam kampanye pemasaran (Promotion), dan memastikan layanan jaringan tersedia dengan cakupan luas dan merata (Place). Dengan strategi ini, diharapkan kualitas produk My Telkomsel dapat ditingkatkan sesuai harapan pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 8426/MB-20/2024 Lokasi TA : 361
Uncontrolled Keywords: Importane Performance Analysis, Kualitas, Manajemen Pemasaran, Marketing Mix 4P, Pelanggan
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:30
Last Modified: 05 Jun 2025 04:30
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

View Item View Item