ANALISIS PENGUKURAN WAKTU PELAYANAN TRUCK ROUND TIME DENGAN PENDEKATAN LEAN SERVICE DI DEPO PETI KEMAS SURABAYA

RAHMADHANI, PUTRI (2024) ANALISIS PENGUKURAN WAKTU PELAYANAN TRUCK ROUND TIME DENGAN PENDEKATAN LEAN SERVICE DI DEPO PETI KEMAS SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040002 - Putri Rahmadhani - Analisis Pengukuran Waktu Pelayanan _i_Truck Round Time__i_ dengan Pendekatan _i_Lean Service__i_ di Depo Peti Kemas Surabaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Depo peti kemas sebagai pusat distribusi yang menghubungkan antara produsen dengan konsumen melalui jalur laut. Sebagai upaya peningkatan pelayanan, penelitian ini bertujuan untuk mengukur waktu pelayanan dari alur proses penerimaan dan penyerahan peti kemas di depo. Analisis dilakukan dengan menghitung data waktu yang diperoleh dari observasi langsung dan wawancara dengan stakeholder terkait. Metode yang digunakan adalah Value Stream Mapping dan Analytical Hierarchy Process . VSM digunakan untuk memetakan aliran nilai saat ini dari proses pelayanan Truck Round Time(TRT), dan mengidentifikasi pemborosan. Sedangkan, AHP digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi waktu layanan TRT dan menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian dilakukan dengan pendekatan lean service. Ditemukan 6 kriteria waste dengan 15 subkriteria waste yang sering terjadi pada operasional depo. Berdasarkan analisis pada VSM didapatkan waktu pelayanan leadtime pada penerimaan sejumlah 41 menit, sedangkan pada penyerahan didapatkan waktu leadtime sejumlah 38 menit. Pada metode AHP ditemukan 3 kriteria dominan yaitu delay (0,457), underutilized employee (0,220), Motion (0,167). Selain itu, didapatkan lima subkriteria penyebab dominan berdasarkan hasil tersebut diantaranya antrean karena intensitas pelanggan yang tinggi, menunggu peersetujuan pengurus ekspedisi, sinyal tidak stabil, alat berat rusak, dan jalur alat berat terhalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 8349/MB-20/2024 Lokasi TA : 284
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process , Kualitas Pelayanan, Lean Service, Truck Round Time, Value Stream Mapping.
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:06
Last Modified: 05 Jun 2025 04:06
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6339

Actions (login required)

View Item View Item