ANALISIS PERBANDINGAN KONSTRUKSI MELINTANG, KONSTRUKSI MEMANJANG DAN KONSTRUKSI KOMBINASI TERHADAP BERAT KONSTRUKSI COAL BARGE 36,6M

ARDIANSYAH, RAHMADHANI (2024) ANALISIS PERBANDINGAN KONSTRUKSI MELINTANG, KONSTRUKSI MEMANJANG DAN KONSTRUKSI KOMBINASI TERHADAP BERAT KONSTRUKSI COAL BARGE 36,6M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0121030030 - Rahmadhani Ardiansyah - Analisis perbandinga Konstruksi Melintang, Konstruksi Memanjang, dan Konstruksi Kombinasi terhadap Berat Konstruksi _i_Coal Barge__i_ 36.6 M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kapal Barge adalah kapal yang mempunyai ciri-ciri lambung datar atau kotak yang terapung dan umumnya digunakan untuk memuat material tambang. Sistem konstruksi kapal dibagi menjadi tiga macam yaitu konstruksi melintang, memanjang dan kombinasi. Setiap sistem konstruksi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penelitian ini melakukan analisis perbandingan konstruksi melintang, konstruksi memanjang dan konstruksi kombinasi. Pemilihan jenis konstruksi juga dapat mempengaruhi aspek penting efisiensi dan efektivitas produksi kapal, yang perlu diperhatikan khususnya Ketika menghitung berat konstruksi kapal. Perhitungan konstruksi menggunakan ketentuan dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Dalam analisis ini dilakukan juga perhitungan sideboard, dan freeboard .Kapal dengan jenis konstruksi melintang lebih berat dibandingkan kapal dengan jenis konstruksi memanjang dan konstruksi kombinasi. Kapal jenis konstruksi melintang mempunyai berat total sebesar 128.4839 Ton, sedangkan pada konstruksi memanjang mempunyai berat total 119.7224 Ton dan konstruksi kombinasi mempunyai berat 122.3586 Ton. Dengan demikian konstruksi memanjang lebih optimal digunakan dikarenakan memliki berat total yang lebih ringan daripada konstruksi melintang dan konstruksi kombinasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7675/D3DC-20/2024 Lokasi TA : 749
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Perbandingan, Kapasitas Muat
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:44
Last Modified: 05 Jun 2025 03:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6337

Actions (login required)

View Item View Item