HARIYONO, VITO ALANDRA (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA SALAH SATU PERUSAHAAN GALANGAN KAPAL DI SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
1120040056 - Vito Alandra Hariyono - Pengaruh _i_ Corporate Socia Responsibility __i_ (CSR) terhadap Citra Perusahaan Studi Kasus pada Salah Satu Perusahaan Galangan Kapal di Surabaya.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan konsep Triple Bottom Line (People, Profit, Planet) terhadap citra perusahaan di salah satu galangan kapal di Surabaya. Sampel penelitian melibatkan survei terhadap 60 penerima program CSR di Surabaya, dan analisis data menggunakan analisis lienar regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 22 untuk mengukur bagaimana aspek People (sosial), Profit (keuntungan), dan Planet (lingkungan) mempengaruhi persepsi publik terhadap citra perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap citra perusahaan, baik secara individu maupun simultan. Implementasi CSR yang baik pada ketiga aspek tersebut terbukti meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik. Program CSR yang diterapkan perusahaan termasuk Program Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Masyarakat dan Program Beasiswa Pendidikan untuk aspek People, Kemitraan dengan UMKM Lokal dan Pelatihan Kewirausahaan untuk aspek Profit, serta Pengolahan Limbah Ramah Lingkungan dan Penghijauan Area Operasional untuk aspek Planet. Hasil dari program-program ini menunjukkan pengaruh signifikan terhadap citra perusahaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan menjaga lingkungan, sekaligus memperkuat citra positif perusahaan. Berdasarkan analisis, aspek People (8.424), Profit (3.269), dan Planet (3.264) terbukti berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan. Nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (2.003) menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,744 menunjukkan bahwa 74,4% pengaruh variabel bebas terhadap citra perusahaan berasal dari penerapan CSR, sementara 25,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 8378/MB-20/2024 Lokasi TA : 313 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Resposibilty , Triple Bottom Line , Citra Perusahaan |
Subjects: | MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 04:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 04:20 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |