ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI "BARGE-MAJESTIC MEGADRILL" AKIBAT PENAMBAHAN A-FRAME & WATERBAG SEBAGAI UPAYA EVAKUASI KAPAL

KANNABIE, PRIMA FIESHTA NAJEHA (2024) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI "BARGE-MAJESTIC MEGADRILL" AKIBAT PENAMBAHAN A-FRAME & WATERBAG SEBAGAI UPAYA EVAKUASI KAPAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120040021 - Prima Fieshta Najeha Kannabie - Analisis Kekuatan Konstruksi Barge-Majestic Megadrill akibat Penambahan _i_A-Frame__i_ dan _i_Waterbag__i_ sebagai Upaya Evakuasi Kapal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peristiwa demi peristiwa tentang kapal karam selalu menarik dan penting untuk dikaji. Banyak faktor dari dalam dan luar dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Masing-masing peristiwa kapal karam mempunyai metode penanganan unik dalam evakuasinya. Keterbatasan akses untuk melakukan lifting body menjadi masalah utama yang perlu dipertimbangkan dalam kasus ini. Penggunaan A-Frame dapat menjadi solusi karena aspek lifting body dapat diabaikan. Selain itu, penggunaan A-Frame memperkecil resiko kerusakan kapal sehingga kapal dapat beroperasi kembali. Skema pengevakuasiannya yaitu dengan meletakkan beberapa waterbag dengan variasi berat 105 ton dan 110 ton di ujung A-Frame. Gaya waterbag mengarah ke pusat gravitasi bumi atau 49 derajat dari A-Frame. Zona analisis dibagi ke dalam 4 blok, yaitu mencakup frame 0-6, 10-18, 22-28, 30-37. Dari perhitungan momen gaya, instalasi A-Frame dan Waterbag terbukti dapat menarik badan kapal karena nilai momennya lebih besar daripada momen blok kapal yaitu sebesar -27.931.561,74 Nm. Berdasarkan software FEA, nilai tegangan tertinggi pada waterbag 110 ton yaitu sebesar 260 MPa dengan safety factor 1. Sementara itu, nilai tegangan tertinggi pada waterbag 105 ton sebesar 248 Mpa dengan safety factor 1,1. Dikarenakan nilai allowable stress yang diijinkan oleh BKI sebesar 250 Mpa, maka analisis pada blok 4-110 ton tidak memenuhi kriteria. Letak kondisi kritis yang terjadi pada blok 4-110 ton terjadi pada longitudinal girder-upper deck. Usulan penguatan sementara untuk meredam stress yang terjadi adalah dengan penambahan bracket pada pillar. Usulan tersebut terbukti efektif karna nilai stress turun drastis menjadi 167 Mpa dengan safety factor 1,5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7707/D4DC-20/2024 Lokasi TA : 781
Uncontrolled Keywords: Kapal karam, A-Frame, Waterbag, Allowable Stress, BKI
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 08 May 2025 07:51
Last Modified: 08 May 2025 07:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item