ANALISIS PENGARUH VARIASI BULBOUS BOW TERHADAP TAHANAN KAPAL 500 PAX MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC)

HAQ, AKBAR SUJUDI (2024) ANALISIS PENGARUH VARIASI BULBOUS BOW TERHADAP TAHANAN KAPAL 500 PAX MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120040067 - Akbar Sujudi Haq - Analisis Pengaruh Variasi _i_Bulbous Bow__i_ terhadap Tahanan Kapal 500 _i_Pax__i_ Menggunakan _i_CFD (Computational Fluid Dynamic___i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan kapal merupakan tahapan yang dilakukan secara berulang- ulang untuk memenuhi ketentuan suatu kapal. Dalam merancang suatu kapal salah satu unsur yang perlu diperhatikan adalah hambatan. Kapal dengan bentuk haluan yang baik akan memberikan efisiensi hambatan yang dihasilkan. Dengan penambahan bulbous bow diharapkan dapat mempengaruhi nilai hambatan. Penelitian ini menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi nilai hambatan dan kecepatan aliran fluida dari tiga variasi geometri bulbous bow, yaitu tipe Elips (0), tipe Delta (Δ), dan tipe Nabla (∇), serta menentukan bentuk yang paling optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hambatan terbesar diperoleh pada bentuk Delta sebesar 60.218 kN, diikuti bentuk Elips sebesar 55.370 kN, dan nilai terkecil pada bentuk Nabla sebesar 53.289 kN. Kecepatan aliran fluida terbesar dicapai oleh bentuk Nabla dengan 4.60593 m/s, diikuti bentuk Elips dengan 4.51135 m/s, dan terkecil pada bentuk Delta dengan 4.45862 m/s. Berdasarkan simulasi terhadap model awal dan tiga model dengan bentuk bulbous bow yang berbeda, bentuk nabla terbukti paling optimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai drag force yang paling kecil sebesar 53.298 kN dan velocity pada bagian haluan kapal yang tertinggi yaitu 4.60593 m/s dibandingkan dengan bentuk lainnya pada kecepatan 12 knots. Bentuk nabla juga memiliki selisih drag force sebesar 18.56% dengan model tanpa bulbous bow. Dengan demikian, bentuk nabla adalah pilihan terbaik untuk mengurangi hambatan pada kapal 500 pax

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tahanan, Bulbous Bow, Kecepatan Aliran Fluida, Kapal 500 pax, Modifikasi Bentuk Haluan
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:12
Last Modified: 16 Oct 2024 06:12
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item