PRAKOSO, MUHAMMAD SATRIA (2024) ANALISIS HAMBATAN TOTAL KAPAL TANKER DENGAN VARIASI HALUAN MENGGUNAKAN DINAMIKA FLUIDA KOMPUTASI. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0120040060 - Muhammad Satria Prakoso - Analisis Hambatan Total Kapal Tanker dengan Variasi Haluan Menggunakan Dinamika Fluida Komputasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak dahulu arsitek kapal berusaha untuk mengurangi hambatan kapal. Salah satu cara menguranginya ialah dengan menggunakan haluan kapal efektif. Banyak jenis haluan yang sudah dikembangkan, mulai dari konvensional hingga tak konvensional. Terdapat banyak haluan tak konvensional yang populer, dua di antaranya ialah leadge-bow dan X-bow. Pada penelitian ini akan menggunakan perangkat lunak dinamika Fluida Komputasi bernama STAR-CCM+ pada kapal tanker dengan variasi haluan Leadge-bow dan X-bow untuk menentukan hambatan total ketiga haluan pada perairan tenang maupun perairan bergelombang. Dari hasil simulasi diperoleh hambatan total pada perairan tenang yaitu eksisting sebesar 43.928 N, Leadge-bow 42.461 N, dan X-bow sebesar 61.750 N. Sementara pada perairan bergelombang diperoleh eksisting sebesar 83.963,45 N, Leadge-bow 72.978,94 N, dan X-bow sebesar 66.525,13 N. Dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa Leadge-bow memiliki hambatan paling kecil di perairan tenang sementara X-bow memiliki hambatan terkecil di perairan bergelombang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Haluan, Dinamika Fluida Komputasi, hambatan kapal,perairan tenang, perairan bergelombang. |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:19 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5910 |
Actions (login required)
View Item |