ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PENYEBERANGAN GRESIK – BAWEAN PADA PERUSAHAAN ANGKUTAN LAUT DI GRESIK

Pratama, Muhammad Ilyas (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PENYEBERANGAN GRESIK – BAWEAN PADA PERUSAHAAN ANGKUTAN LAUT DI GRESIK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040101 - Muhammad Ilyas Pratama - Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Penyeberangan Gresik-Bawean pada Perusahaan Angkutan Laut di Gresik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur transportasi memiliki kontribusi dalam membangkitkan kegiatan perekonomian karena menjadi bagian dari mata rantai sistem transportasi maupun logistik. Pelabuhan Umum Gresik merupakan salah satu pelabuhan yang menyediakan rute penyeberangan menuju Pulau Bawean. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis untuk menganalisa kualitas pelayanan yang telah diberikan perusahaan, dan Potential Gain in Customer Value untuk menentukan prioritas perbaikan yang dilakukan perusahaan dalam meningkatan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa. Hasil penelitian ini menunjukkan indeks kepuasan konsumen sebesar 86,74%. Hasil kuadran Importance Performance Analysis terdapat 6 atribut yang tergolong kedalam kuadran I yang menunjukkan kualitas pelayanan yang rendah dengan harapan pengguna jasa yang tinggi. Metode PGCV menghasilkan urutan prioritas perbaikan, yaitu mengenai kecepatan dan ketepatan petugas ticketing, kondisi toilet, kemudahan akses menuju kapal, kesigapan petugas dalam menawarkan bantuan, serta ketersediaan informasi fasilitas keselamatan dan kesehatan kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mportance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Pelabuhan Umum Gresik, Potential Gain in Customer Value (PGCV)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:30
Last Modified: 06 Sep 2024 08:03
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item