Aldi, Bangun Robiarto (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN TRANSMISI DAN DISTRIBUSI GAS BUMI DI SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
1120040095 - Bangun Robiarto Aldi - Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi di Surabaya.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan transmisi dan distribusi gas bumi memiliki potensi pelanggan yang sangat besar. Dengan potensi pelanggan yang besar ditambah persaingan yang pesat, perusahaan dituntut untuk memenuhi kepuasan pelanggannya. Nyatanya dalam perusahaan nilai keluhan masih tinggi diatas batas maksimal keluhan tiap bulannya serta belum pernah menentukan prioritas-prioritas pelayanan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan, prioritas dimensi pelayanan dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap atribut yang rendah. Metode yang digunakan adalah IPA untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan dalam matriks dan PGCV untuk menentukan prioritas dimensi pelayanan. Hasil dari IPA menunjukkan rata-rata tingkat kesesuaian 95,18% dengan 14 atribut memiliki gap negatif yang menunjukkan ketidakpuasan pelanggan dan 1 atribut memiliki gap positif, serta 5 atribut di dalam kuadran I yang menunjukkan kinerja kualitas pelayanan rendah dan harapan pelanggan yang tinggi. PGCV menghasilkan urutan prioritas perbaikan yaitu jaminan pelanggan mendapatkan kemudahan operasional produk, kesesuaian antara waktu pemasangan yang dijanjikan dengan waktu pemasangan sesungguhnya, setiap pelanggan menerima pelayanan yang sama, kemampuan karyawan melakukan koreksi, dan kerapian atau kesesuaian penampilan karyawan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA (Importance Performance Analysis), Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Perusahaan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi di Surabaya, PGCV (Potential Gain in Customer Value). |
Subjects: | MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:05 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5899 |
Actions (login required)
View Item |