ANALISIS PERUBAHAN LAYOUT DAN PERGANTIAN MATERIAL PIPA API 5L GR.X42 MENJADI ASTM A53 GR.B SERTA ROAD CROSSING PADA JALUR EFFLUENT LINE DI LAWE-LAWE TERMINAL

Suprayogi, Angga Pratama (2024) ANALISIS PERUBAHAN LAYOUT DAN PERGANTIAN MATERIAL PIPA API 5L GR.X42 MENJADI ASTM A53 GR.B SERTA ROAD CROSSING PADA JALUR EFFLUENT LINE DI LAWE-LAWE TERMINAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0820040041 - Angga Pratama Suprayogi - Analisis Perubahan _i_Layout__i_ dan Pergantian Material _i_API 5L Gr.X42__i_ Menjadi _i_ASTM A53 Gr.B__i_ serta _i_Road Crossing__i_ pada _i_Effluent Line__i_ di Lawe-Lawe Termina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan standar yang telah di tetapkan oleh owner untuk mengganti material dan juga merubah layout dari underground menjadi aboveground pada pipa jalur effluent line dari daerah pig reciever sampai ke area WWTP yaitu pada line number 434-SS-017 menjadi material ASTM A53 Gr. B. Kontraktor diharuskan untuk melakukan analisis ulang perubahan layout dan pergantian material dari API 5L Gr. X42 menjadi ASTM A53 Gr. B terhadap max. allowable working pressure, min. wall thickness, perhitungan allowable pipe span untuk menentukan jumlah dan tipe support yang sesuai.Terdapat juga 5 pipa road crossing terhadap jalan existing yang akan di analisis dan terletak di daerah pig reciever sampai ke Area WWTP dimana setiap road crossing terdapat cover pipa 10” dengan material yang sama. Nilai dari maximum allowable working pressure setelah terjadi pergantian material dan juga perubahan layout pada jalur effluent line masih di atas dari nilai tekanan desian yaitu 1156.347 psi. Untuk minimum wall thickness akibat pergantian material dari API 5L Gr. X42 mejadi ASTM A53 Gr.B pada jalur effluent line adalah 0,16 inch yang mana masih di bawah dari nilai ketebalan minimum material pipa ASTM A53 Gr.B yaitu 0.279 inch. Nilai tegangan sustained load (L6) dan juga thermal expansion load (L8) yang tertinggi berada pada node 318 dan juga node 140 dengan nilai stress sebesar 4310.4 (lb/in2) dan 8906.9 (lb/in2). Karena nilai tegangan pada kedua load case masih berada di bawah allowable stress maka design sistem perpipaan existing dapat diterima berdasarkan code ASME B31.3. Dan untuk nilai 5 pipa road crossing tanpa menggunakan cover dinilai aman karena nilainya masih di bawah dari nilai maksimum allowable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Maximum Allowable Working Pressure, Min. wall thickness, Allowable pipe span, Stress analysis, Road Crossing
Subjects: TPP - Teknik Perpipaan > Piping Material
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Perpipaan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:34
Last Modified: 06 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5873

Actions (login required)

View Item View Item