PERENCANAAN KEGIATAN PERAWATAN DAN PERSEDIAAN SUKU CADANG PADA RTG CRANE DENGAN PENDEKATAN RCM II DAN RCS DI PT. KIS BANJARMASIN

M. Ludfi, M. Ludfi (2016) PERENCANAAN KEGIATAN PERAWATAN DAN PERSEDIAAN SUKU CADANG PADA RTG CRANE DENGAN PENDEKATAN RCM II DAN RCS DI PT. KIS BANJARMASIN. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK RTG Crane merupakan alat berat yang digunakan dalam kegiatan bongkar muat petikemas.Alat tersebut berfungsi untuk melakukan kegiatan bongkar muat petikemas dari trailer ke lapangan penumpukan petikemas atau sebaliknya. Terjadinya gangguan pada RTG Crane dapat menghambat proses bongkar muat petikemas, sehingga banyak kerugian yang didapat perusahan jika hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu perlu dilakukan kegiatan perawatan yang tepat agar RTG Crane dapat beroperasi dengan optimal.Selain itu, untuk menunjang kelancar an kegiatan perawatan perlu juga direncanakan persediaan suku cadang agar kegiatan perawatan dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan oleh ketidaktersediaan suku cadang. Untuk menentukan kegiatan perawatan yang tepat, terlebih dahulu ditentukan kegagalan fungsi (functional failure) dari setiap komponen dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Untuk mencegah terjadinya functional failure pada komponen RTG Crane ditentukan jenis kegiatan perawatan menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Perhitungan kuantitatif diberikan untuk menentukan interval perawatan dari masing – masing komponen sesuai dengan jenis perawatan yang sudah ditentukan.Perencanaan persediaan suku cadang dilakukan dengan pendekatan Reliability Centered Spares (RCS) untuk menentukan komponen kritis dari RTG Crane. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari 17 komponen terdapat 42failure mode yang dapat menyebabkan terjadinya functional failure pada RTG Crane. Pada penentuan kegiatan perawatan dengan RCM II didapatkan bahwa terdapat 21failure mode yang dapat dicegah dengan scheduled discard task, 10 failure mode dapat dicegah dengan scheduled restoration task, dan 5 failure mode dapat dicegah dengan scheduled on condition task. Penentuan komponen kritis dengan pendekatan RCS menghasilkan 5 komponen dengan score tertinggi yaitu fuel injectot, pin kaliper brake trolley, pin kaliper brake hoist, bearing pulleydan wire rope dengan score masing – masing 2.54, 2.54, 2.54, 2.77, dan 3,04 Kata Kunci : RTG Crane, Perawatan, Functional failure, RCM II, RCS ABSTRACT RTG Crane is a heavy equipment utilized in container loading activities. The tool used to carry out container loading from trailer to container yard and vice versa. The disruptions for RTG crane could hamper the container loading that could yield into massive loss for the company. Because of that, maintenance activities have to be done precisely to operate RTG Crane optimally. Moreover, to support maintenance activities, planning the spare part supply is vital to keep the maintencane done well. To determine the precise maintenance activity, functional failuer has to be done first in each component using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). In order to prevent the functional failure for the RTG Crane component, the type of maintenance activities is determined using Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Quantitative calculation given to determine each maintenance interval from each component for the appropriate type of maintentance. The design of spare part supply is done with Reliability Centered Spares (RCS) approach to determine the critical component from RTG . Based on the research result, there are 42 failure mode from 17 components that could result into functional failure for RTG Crane. From the determination of RCM II maintenance activity, there are 21 failure mode that could be prevented using scheduled discard task, 10 failure mode can be precented with scheduled restoration task and 5 failure mode can be prevented with scheduled on condition task. The critical component determination using RCS apporach result into 5 component with higher scores as follows, fuel injector, brake trolley pin kapiler, brake hoist pin kaliper, bearing pulley and wire rope with each scores as follows, 2.54, 2.54, 2.54, 2.77, and 3,04 Keywords : RTG Crane, maintenance, functionalfailure, RCM II, RCS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tkdkk ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 03:04
Last Modified: 13 Sep 2018 03:04
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item