ANALISIS KERUSAKAN UNIT HEAD TRUCK (HT) DI PELABUHAN PETIKEMAS DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECTS AND CRITICALITY ANALYSIS (FMECA)

SAPUTRA, RIDHO ARIFIAN (2024) ANALISIS KERUSAKAN UNIT HEAD TRUCK (HT) DI PELABUHAN PETIKEMAS DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECTS AND CRITICALITY ANALYSIS (FMECA). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040031 - Ridho Arifian Saputra - Analisis Kerusakan Unit _i_Head Truck__i_ (HT) dengan Metode _i_Failure Mode Effects and Criticality Analysis__i_ (FMECA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan pelabuhan petikemas sangat bergantung dengan ketersediaan dan kondisi peralatan bongkar muat yang dimiliki. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis kerusakan salah satu peralatan bongkar muat, yaitu head truck. Metode penelitian yang digunakan adalah Failure Mode Effects and Criticallity Analysis. Hasil yang diperoleh dari perhitungan metode tersebut adalah 5 risiko kerusakan yang masuk kategori very critical, yaitu risiko Air tank tidak terisi udara (RPN 469), Baterry low voltage (RPN 366), Kebocoran air system (RPN 350), Engine tidak bertenaga (RPN 331), dan Brake malfunction (rem mengunci salah satu roda) (RPN 326). Analisa faktor penyebab risiko disebabkan oleh faktor manusia seperti mekanik kurang maksimal dalam melakukan proses standarisasi pekerjaan hingga mekanik kurang memahami spesifikasi spare part. Kemudian faktor material seperti spare part untuk penggantian dan peralatan pendukung kerja yang tidak tersedia ketika dibutuhkan. Faktor metode atau prosedur kerja yang masih belum tersusun secara optimal turut menjadi faktor penyebab risiko kerusakan terjadi. Rekomendasi mitigasi risiko yang dapat dilakukan antara lain program pelatihan bagi mekanik, pengadaan peralatan kerja, memastikan spare part yang digunakan sesuai spesifikasi, memastikan ketersediaan spare part tercukupi, optimalisasi prosedur kerja, dan melakukan improvisasi teknis pada komponen unit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Critical, Head truck, Kerusakan, Risiko, RPN (Risk Priority Number)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:25
Last Modified: 06 Sep 2024 08:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item