SETIAWAN, TRI BAGUS (2016) PERENCANAAN EXIT ROUTE PADA KEBOCORAN GAS LNG DENGAN SIMULASI SOFTWARE CFD PADA UNIT LNG DI PT. A. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK PT.A merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri baja. PT. A dalam menjalankan proses produksi pada setiap plant menggunakan tiga energi utama, salah satunya adalah natural gas dalam bentuk LNG(liquid natural gas). Karena setiap kegiatan produksi pada perusahaan menggunakan gas tersebut maka unit LNG memiliki potensi bahaya tinggi yang dapat menyebabkan kebakaran hingga ledakan apabila tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan LNG didasarkan pada kriteria FPA pada Area Gas Berbahaya dan Tanggap Darurat serta Peraturan Menteri tenaga kerja R.I Kep.187/Men/1999 tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di tempat kerja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menentukan Assembly Point dan menentukan rencana Evacuation Route Map dengan mensimulasikan kebocoran gas dengan menggunakan CFD (Computional Fluids Dynamic). Penelitian ini menggukan software Ansys sebagai simulasi kebocoran gas yang bertujuan untuk mengetahui sebaran konsentrasi pada waktu tertentu dan untuk Metode identifikasi bahaya penelitian ini menggunakan HAZOP untuk mengetahui lokasi yang memiliki risk rangking tertinggi. Setelah itu menghitung jarak radius ledakan dengan menggunakan perhitungan VCE dengan tekanan sebesar 0,5 bar dan 0,138 bar sehingga didapatkan jarak aman untuk menentukan titik kumpul dan jalur evakuasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada unit LNG memiliki resiko meledak karena masuk dalam range UEL dan LEL. Indetifikasi bahaya dengan study HAZOP menunjukan Node 2 memiliki 6 kategori extrime dengan resiko bahaya gas lepas ke lingkungan dan pada skenario kobocoran terdapat lubang berdiameter 4inci. Assembly point terdapat 2 titik berdasarkan perhitungan radius ledakan dengan luas total area sebesar 1950 m 2 dan dapat menampung sebanyak 65 pekerja. Kata kunci : Assembly Point, CFD (Computional Fluids Dynamic), Evacuation Route Map, HAZOP ABSTRACT PT.A is a steel industry company. PT. A has operated its production processes used three main energies, one of this was natural gas of LNG (Liquid Natural Gas). Because every production activities in this company used gases, the LNG unit has some high potential hazards that could be caused by fires even the explosions if it was not managed properly. The management of LNG was based on the criteria of the FPA on Hazardous Area Gas and Emergency Response and Permenaker R.I Kep.187 / Men / 1999 regarded about the controlling of chemical hazardous in the workplace. Thus, the purpose of this study were to determine the Assembly Point and determine the Evacuation Route Map Plan to simulate the gases leakage by used CFD (Fluids Dynamic Computational). This study had used the ANSYS software to simulate the gases leakage which aims to determine the distribution of concentration at certain times. Hazard identification method for this study had used HAZOP study to find the location which had the highest risk rank. After that calculated the distance of the blast radius by used the VCE calculation with 0.5 bar and 0,138 bar so, this could obtained the safe distance to determine the rallying point and an evacuation route. These results were indicated that the LNG unit had the high risk of explosion due to enter in the UEL and LEL range. Hazard Identification with HAZOP study showed that Node 2 had 6 extreme categories with the hazards of gas escape into the environment and on the scenario there were leaks 4in diameter hole. Assembly point there were two points based on the calculation of the blast radius of 1950 m2 total area and there were 65 workers could be accommodated. Keywords : Assembly Point, CFD, Evacuation Route Map, HAZOP
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | ?? tkdkk ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 03:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 03:02 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/586 |
Actions (login required)
View Item |