ANALISIS KEKUATAN BAHAN UJI KOMPOSIT SANDWICH UNTUK APLIKASI PONDASI MESIN KAPAL FIBER

Wiratma, Ananda Nurul (2016) ANALISIS KEKUATAN BAHAN UJI KOMPOSIT SANDWICH UNTUK APLIKASI PONDASI MESIN KAPAL FIBER. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salah satu bahan yang kini marak dikembangkan adalah komposit sandwich. Struktur komposit sandwich yang sering digunakan memiliki struktur inti berupa sel-sel Hexagonal yang saling berhimpitan atau disebut dengan struktur Honeycomb. Struktur Honeycomb adalah suatu komposit yang menggunakan segi enam atau sarang lebah. Hal ini bertujuan untuk lebih lentur tetapi tetap kuat. Struktur Honeycomb ini biasa dipakai dalam teknologi badan pesawat. Sampai saat ini pesawat komersil masih menggunakan struktur Honeycomb ini. Kapal fiber merupakan kapal yang dibutuhkan saat ini di Indonesia. Selain pembangunannya yang lebih cepat, kapal jenis ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi dibanding kapal jenis lainnya. Pondasi mesin kapal harus lebih kuat dari pada bagian lain dari kapal karena harus menompang gaya yang diberikan oleh mesin ke kapal. Material pondasi mesin biasanya dibuat dengan bahan yang sama dengan material kapalnya. Seperti pada kapal fiber yang menggunakan material FRP untuk pondasi mesinnya. Penulis membawa struktur honeycomb ini ke bidang maritim dengan tujuan sama yaitu meningkatkan kekuatan dan menurunkan berat. Diharapkan mampu meringankan berat kapal sehingga dapat meningkatkan kecepatan kapal atau menurunkan power kapal. Kriteria yang dibutuhkan dalam standard BKI merupakan bahwa sesuai dengan rule BKI material fiberglass dinyatakan harus memiliki tensile strength sebesar 10 kg/mm2 atau setara dengan 98,0065 Mpa. Untuk komposit Honeycomb itu sendiri dalam ketebalan 10 mm memiliki shear strength 0,5 Mpa. Kata Kunci: Struktur Honeycomb,Pondasi mesin kapal fiber dan standard BKI ABSTRACT One ingredient that is now rampant developed is a composit sandwich. Sandwich composite structures are often used haved a core structure in the form of Hexagonal cells that coincide or so-called Honeycomb structure. Honeycomb structure is a composite using a Hexagon or Honeycomb. It aims to be more flexible but still strong. The Honeycomb structure is usually used in airframe technology. Until the current commercial aircraft still use these Honeycomb struktur. Fiber board a ship needed today in Indonesia. In addition to faster development, the ship of this type has a speed high enough compared to other types of ship. The foundation of boat engines must be strongest than any other part of the ship because it had to sustain the force exerted by the engine to the boat. Engine foundation materials made with the same material as the material of his ship. As in the fiber board using FRP material for the foundation of the engine.Writer brings this Honeycomb structure to the maritime field with the same goal of improving the strength and weight.Is expected to ease the weight of the vessel so as to increase the speed of the ship. The criteria required in the standard ICC is that according to the rule started BKI fiberglass materials should have a tensile strength of 10 Kg/mm2 or equivalent to 98,0065 Mpa. For composite Honeycomb it self in a thickness of 10mm has a shear strength of 0,5 Mpa. Keywords : Honeycomb structure, Ship machinery foundation fiber and Standard BKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:02
Last Modified: 12 Sep 2018 07:02
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item