PENJADWALAN PERAWATAN PADA SISTEM PENDINGIN MAIN ENGINE KAPAL TSHD KING ARTHUR 8 DENGAN PEMODELAN DINAMIKA SISTEM

HARTANTO, AINUDDIN MURSYID (2024) PENJADWALAN PERAWATAN PADA SISTEM PENDINGIN MAIN ENGINE KAPAL TSHD KING ARTHUR 8 DENGAN PEMODELAN DINAMIKA SISTEM. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0322040075 - Ainuddin Mirsyad Hartanto - Penjadwalan Perawatan pada Sistem Pendingin _i_Main Engine__i_ Kapal TSHD KING ARTHUR 8 dengan Pemodelan Dinamika Sistem.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kapal Trailing Suction Hopper Dredger merupakan salah satu kapal keruk yang dapat mengatasi permasalahan yang sering muncul di alur pelayaran pelabuhan yaitu sedimentasi atau pendangkalan. Kapal TSHD diharapkan dapat menjalankan fungsinya tanpa gagal dimana segala aspek yang mempengaruhi kegagalan harus diantisipasi terutama kegagalan pada sistem pendingin main engine. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan penjadwalan perawatan pada komponen-komponen sistem pendingin main engine kapal TSHD King Arthur 8 dengan identifikasi kegagalan Fault Tree Analysis (FTA), perhitungan nilai reliability komponen dan sistem, serta pemodelan dinamika sistem (simulasi dinamik) menggunakan software Powersim Studio 10. Setelah itu dilakukan penentuan strategi penjadwalan perawatan yang didasarkan pada analisis biaya perawatan yang paling optimum. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa teridentifikasi 12 komponen penyebab kegagalan sistem pendingin main engine kapal, dimana salah satu komponen yaitu fw cooler memiliki nilai reliability paling rendah yaitu 0,60007 pada waktu 720 jam. Berdasarkan hasil pemodelan dinamika sistem, strategi perawatan secara preventive maintenance lebih efektif dipilih untuk komponen globe valve ps, strainer ps, globe valve sb, strainer sb, sw pump, fw pump, thermostatic valve, inlet water main pipe, outlet water main pipe, water cooled insulation cover, dan Expansion water tank karena biaya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan corrective maintenance. Sedangkan untuk komponen fw cooler dipilih corrective maintenance karena dari segi biaya yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan preventive maintenance

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Biaya Perawatan, FTA (Fault Tree Analysis), Pemodelan Dinamika Sistem, Penjadwalan Perawatan, Reliability
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 09:02
Last Modified: 06 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5778

Actions (login required)

View Item View Item