ANALISIS KELELAHAN SHAFT PROPELLER PADA KAPAL LCT 460 GT

TAMBAS, MAYRIZAH MUBAROKAH (2024) ANALISIS KELELAHAN SHAFT PROPELLER PADA KAPAL LCT 460 GT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040091 - Mayriza Mubarokah Tambas - Analisis Kelelahan Shaft Propeller pada Kapal LCT 460 GT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kelelahan pada propeller shaft menjadi perhatian dalam aplikasinya. Poros propeller mengalami beban gabungan (torsi, momen lentur dan gaya dorong) pada kondisi operasinya. Beban-beban tersebut menyebabkan poros propeller mengalami tegangan gabungan. Poros propeller dapat mengalami kelelahan akibat tegangan yang berulang-ulang. Analisis kelelahan dilakukan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga pada variasi putaran engine 1500, 1800 dan 2000 RPM. Hasil dari analisis ini didapatkan nilai tegangan secara berurutan adalah 62,268 MPa, 63,191 MPa, 63,18 MPa untuk tegangan bending, 69,096 MPa, 59,057 MPa, 53,152 MPa untuk tegangan geser, dan 4,6915 MPa, 4,675 MPa, 4,648 MPa untuk tegangan Axial. Nilai tegangan von mises secara berurutan sebesar 277,10 MPa, 243,83 MPa, 224,13 MPa dengan nilai tegangan izin von mises adalah 343,75 MPa. Estimasi nilai cycle sebesar 1x10 9 . Untuk analisis umur kelelahan didapatkan umur shaft sebesar 23,55 tahun pada putaran engine 1800 RPM. Hasil dari analisis kelelahan pada propeller shaft ini dapat digunakan sebagai acuan dalam mengestimasi umur kelelahan pada shaft.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cycle, Metode Elemen Hingga, Momen Torsi, Tegangan Von mises, Thrust, Umur Kelelahan, Propeller Shaft
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:32
Last Modified: 06 Sep 2024 08:29
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item