Saifullah, Muhammad Hilmi (2016) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR PADA PORTABLE RAMP DI PT. LINTECH DUTA PRATAMA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dalam menunjang aktivitas divisi port di PT Lintech Duta Pratama, perusahaan juga difasilitasi kapal tongkang yang fungsi utamanya sebagai bongkar muat material-material yang digunakan pada kegiatan produksi. Untuk menunjang kelancaran aktivitas tersebut, kapal tongkang ini ditunjang oleh jembatan atau ramp yang diproduksi secara pribadi sebagai akses keluar-masuk alat transportasi berupa truk-truk yang mengangkut material dari daratan menuju kapal tongkang maupun sebaliknya. Dalam penerapannya ramp harus dapat menerima beban yang sesuai dengan batas tegangan izinnya. Analisis kekuatan ramp ini menggunakan program berbasis FEM dengan memberikan empat variasi beban yang telah ditentukan berdasarkan Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) untuk mobil barang. Validasi dilakukan dengan membandingkan hasil tegangan model dengan kalkulasi manual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tegangan maksimum terbesar untuk keseluruhan struktur terjadi pada pembebanan mobil barang variasi 4 yakni sebesar 87,69 MPa. Untuk defleksi terbesar terjadi pada pembebanan mobil barang variasi 4 dengan defleksi sebesar 0,53 mm. Sehingga bila dibandingkan dengan tegangan dan defleksi izin sesuai peraturan perhitungan BKI yang masing masing sebesar 150 MPa dan 30,5 mm, struktur portable ramp dinyatakan aman dengan pembebanan yang telah ditentukan. Kata kunci : analisis, metode elemen hingga, portable ramp, ramp ABSTRACT In supporting activities of the port division in Lintech Duta Pratama Ltd., the company also facilitated with barge which it’s main function as the materials unloading that used in production activities. To support these activities, the barge is supported by the bridge or ramp produced personally by the company for the access of transportation vehicle such as trucks that transport the material from the mainland to the barges. In its application, a ramp should be able to receive a load that corresponds to the allowable stress. This ramp strength analysis use FEM based program to provide four load variations that have been determined based on the government policy on amount of weight that is allowed for freight cars. Validation is done by comparing the results of the manual calculation with the software simulation. The results of this study showed the largest maximum stress for the entire structure occurs in loading freight cars variation 4 which is equal to 87.69 MPa. For the greatest deflection occurs in loading freight cars variation 4 with a deflection of 0.53 mm. So when compared with the allowable stress and allowable deflection as regulations of BKI which each amounted to 150 MPa and 30.5 mm, portable ramp structure is qualified safe. Kata kunci : analyze, finite element method, portable ramp, ramp
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | ?? tddm ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 06:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 06:56 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/575 |
Actions (login required)
View Item |