PERBANDINGAN PENGGUNAAN EXHAUST GAS RECIRCULATING (EGR) DAN DIESEL PARTICULATE FILTER (DPF) TERHADAP PERFORMA MOTOR DIESEL FOUR-STROKE DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR

ABDULLAH, ANANTA MAUSEVI (2024) PERBANDINGAN PENGGUNAAN EXHAUST GAS RECIRCULATING (EGR) DAN DIESEL PARTICULATE FILTER (DPF) TERHADAP PERFORMA MOTOR DIESEL FOUR-STROKE DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040092 - Ananta Mausevi Abdullah - Perbandingan Penggunaan _i_Exhaust Gas Recirculating__i_ (EGR) dan _i_Diesel Particulate Filter__i_ (DPF) terhadap Performa Motor Diesel _i_Four-Stroke__i_ dengan Menggunakan Varia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi motor diesel mengalami perkembangan pesat dengan inovasi dan penambahan perangkat untuk meningkatkan efisiensi dan ramah lingkungan dengan mengurangi emisi gas buang. Penggunaan teknologi terkini seperti Exhaust Gas Recirculating (EGR) merupakan sistem yang digunakan untuk mereduksi gas buang dengan cara mensirkulasikan sebagian gas buang dari exhaust manifold menuju intake manifold dengan penambahan gate valve untuk mengatur jumlah gas buang yang dialirkan dan. Diesel Particular Filter (DPF) merupakan komponen yang berada pada exhaust manifold yang memiliki fungsi untuk menangkap partikel melalui perangkat filter yang ada di dalam sistem. Sistem EGR dan DPF akan diaplikasikan untuk menganalisis performa motor diesel. Variasi dalam penelitian ini adalah bahan bakar yaitu (Bio Solar, Dex Lite, Pertamina Dex) digunakan pada sistem exhaust gas recirculating (EGR) dengan bukaan katup sebesar 50% dan Diesel Particular Filter (DPF) dengan kecepatan motor sebesar 1000 RPM, 1200 RPM, dan 1400 RPM, variasi pembebanan sebesar 2000 watt, 3000 watt, dan 4000 watt. Hasil pengujian ini, emisi CO terendah dihasilkan oleh motor kondisi normal pada bahan bakar Pertamina Dex dengan nilai 264 PPM. Pada penilitian ini didapatkan nilai daya dan torsi maksimal pada bahan bakar Pertamina Dex beban dengan EGR sebesar 4,34 kW dan 29,62 Nm dan nilai GSFC sebesar 339 gr/Kwh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: iesel Particulate Filter, Exhaust Gas Recirculating, Emisi CO, Gate Valve, Motor Diesel Four-Stroke
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:54
Last Modified: 06 Sep 2024 07:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item