ANALISIS PERFORMA ENGINE PROPELLER MATCHING TRIPLE SCREW SHIP AKIBAT KONVERSI KAPAL RO - RO VEHICLE CARRIER MENJADI KAPAL RO - RO PASSENGER

Ramadhan, Bagas Rahkmad (2024) ANALISIS PERFORMA ENGINE PROPELLER MATCHING TRIPLE SCREW SHIP AKIBAT KONVERSI KAPAL RO - RO VEHICLE CARRIER MENJADI KAPAL RO - RO PASSENGER. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040033 - Bagas Rahkmad Ramadhan - Analisis Performa _i_Engine Propeller Matching Triple Screw Ship__i_ Akibat Konversi Kapal _i_Ro - Ro Vehicle Carrier__i_ Menjadi Kapal _i_Ro - Ro Passenger__i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konversi Kapal Ro – Ro Vehicle Carrier menjadi Kapal Ro-Ro Passenger sesuai PERMEN RI Nomor PM 62 Tahun 2019 untuk mengatur kapal pengangkut orang harus memiliki paling sedikit 2 (dua) buah mesin induk. Sehingga diperlukan perhitungan performa propeller dan EPM untuk mengetahui performanya serta EEXI untuk emisi carbon. Performa propeller C5 – 75 pada kecepatan 21 knot memiliki J= 0.975 . KT = 0.195 . 10KQ = 0.427 . ŋ = 0.66 pada kondisi clean hull dan J= 0.947 . KT = 0.212 . 10KQ = 0.453 . ŋ = 0.655, sementara performa propeller MAU4 - 65 memiliki memiliki J= 0.732 . KT = 0.718 . 10KQ = 0.118 . ŋ = 0.646 pada kondisi clean hull dan J= 0.718 . KT = 0.073 . 10KQ = 0.125 . ŋ = 0.653. Engine Propeller Matching (EPM) operasional mesin MAN B&W 8S50M5-C untuk mencapai kecepetan 21 Knot diopersikan pada putaran mesin 109 rpm kondisi clean hull dan 112 rpm kondisi rough hull sedangkan dan 2 mesin Mitsubhisi S12R-T2MPTK diopersikan pada putaran mesin 1577 rpm kondisi clean hull dan 1597 rpm kondisi rough hull. Perhitungan emisi karbon kapal Ro – Ro passenger sesuai dengan IMO (International Maritime Organization) memiliki hasil EEXI kapal triple screw 28.55 gr- CO2/ton.mile < 32.85 gr-CO2/ton.mile sedangkan perhitungan EEXI kapal single screw 11,64 gr-CO2/ton.mile < 39,986 gr-CO2/ton.mile .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Performa Propeller , EPM (Engine Propeller Matching), EEXI (Energy Efficiency Existing Ship Index)
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:30
Last Modified: 06 Sep 2024 07:07
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item