ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGUSAHA PENGURUSAN JASA KEPABEANAN (PPJK) PADA PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY (SERVQUAL)

Tsabita Naura, Rifda (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGUSAHA PENGURUSAN JASA KEPABEANAN (PPJK) PADA PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY (SERVQUAL). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040055 - Rifda Tsabita Naura - Analisis Kualitas Layanan Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) pada Perusahaan i Freight Forwarding _i Menggunakan i Service Quality _i (Servqual).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ekspor-impor yang semakin meningkat memerlukan pelayanan jasa yang maksimal, terutama dalam hal pengurusan kepabeanan. Eksportir dan importir yang tidak dapat melakukan pengurusan sendiri dapat memberikan kuasa kepada Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK). Data perusahaan menunjukkan jumlah eksportir pengguna jasa Sea Freight untuk periode Januari- Desember 2022 lebih banyak dibandingkan eksportir pengguna jasa PPJK. Penelitian bertujuan untuk melakukan analisa kualitas layanan PPJK pada perusahaan Freight Forwarding ini agar dapat memberikan pelayanan jasa yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan metode Service Quality (Servqual) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan perusahaan, dan Potential Gain in Customer Value (PGCV) untuk mengetahui prioritas dalam peningkatan kualitas layanan PPJK. Hasil dari Servqual menunjukkan 33 atribut memiliki nilai gap negatif yang menunjukkan ketidakpuasan pelanggan dan 5 atribut memiliki nilai gap positif. Hasil matriks IPA menggambarkan 7 atribut di dalam kuadran I yang menunjukkan kinerja kualitas layanan yang rendah dengan harapan pelanggan yang tinggi. PGCV menghasilkan urutan prioritas perbaikan yaitu pemahaman karakter pelanggan, penggunaan teknologi yang terintegrasi secara online, perhatian kepada pelanggan atau pengguna jasa, kesediaan membantu memecahkan masalah dalam hal kepabeanan, fleksibilitas waktu operasional, keakuratan dan kejelasan informasi, jaminan kelancaran atas layanan jasa PPJK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :7596/MB-19/2023 Lokasi TA : 263
Uncontrolled Keywords: Importance Performance Analysis (IPA), Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), Potencial Gain in Customer Value (PGCV), Service Quality (Servqual)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:49
Last Modified: 06 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item