ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR END TRANSFER CRADLE PADA KONSTRUKSI SYNCROLIFT

Purnamasari, Yulika (2016) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR END TRANSFER CRADLE PADA KONSTRUKSI SYNCROLIFT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syncrolift merupakan fasilitas pengedokan kapal di PT Batamec Shipyard. Komponen terpenting dalam syncrolift adalah cradle, terdiri dari end transfer cradle dan side transfer cradle. Letak end transfer cradle di bawah side transfer cradle. Sehingga keseluruhan beban sepenuhnya ditanggung end transfer cradle. Frekuensi penggunaan yang sering membuat struktur tersebut acap kali mengalami reparasi bahkan pada bulan November 2015 terjadi kecelakaan kerja. Tugas Akhir ini menganalisa kekuatan struktur end transfer cradle. Dengan menggunakan perhitungan manual dan software berbasis Metode Elemen Hingga. Hasil dari kedua proses perhitungan dibandingkan dengan tegangan ijin material EH36 untuk mengetahui kekuatan dinyatakan dalam angka safety factor. Dengan ketentuan safety factor 1 – 1.5. Tegangan equivalen (Von Misses) pada penampang melintang secara teoritis 266.15 MPa dan hasil software 266.64 MPa. Sedangkan tegangan equivalen (Von Misses) yang terjadi pada cradle secara teoritis 242.28 MPa dan hasil dari software 245.57 MPa. Hasil perhitungan defleksi adalah 6.1 mm dan 3.06 mm secara teoritis. Sedangkan untuk hasil software 4.12 mm dan 1.15 mm. Letak titik kritis berada di sekitar roda dan sambungan. Tegangan equivalen menurut perhitungan kurang dari tegangan ijin material 350 MPa. Batas defleksi maksimal untuk struktur tersebut 6.11 mm. Sehingga struktur end transfer cradle yang digunakan dinyatakan layak dan aman digunakan. Kata kunci : defleksi, tegangan equivalen, titik kritis, safety factor. ABSTRACT Syncrolift a ship docking facility at PT Batamec Shipyard. Syncrolift is the most important component in the cradle, consisting of end transfer cradle and transfer side cradle. End lies the cradle transfer under the transfer side cradle. So the whole burden borne entirely end transfer cradle. Frequency of use is often made of such structures often undergo repairs even in November 2015 the number of occupational accidents. This final project analyze the power structure of the end of transfer cradle. By using manual calculations and software based on Finite Element Method. The results of the second calculation process compared with allowable stress EH36 material to determine the strength of the safety factor expressed in numbers. With the provision of safety factor 1 - 1.5. Equivalent stresst (Von Misses) in cross section theoretically 266.15 MPa and 266.64 MPa software results. While the equivalent stresst (Von Misses) happens to cradle theoretically 242.28 MPa and resul ts of software 245.57 MPa. The result of the calculation of deflection is 6.1 mm and 3.06 mm theoretically. As for the results of software 4.12 mm and 1.15 mm. The critical point is around the wheels and connections. equivalent stresst according to calculations of material less than the allowable stress of 350 MPa. Limit the maximum deflection of the structure of 6:11 mm. So that the transfer cradle end structure used as feasible and safe to use. Keywords : deflection, equivalent stress, the critical point, the safety factor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:41
Last Modified: 12 Sep 2018 04:41
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item