Yusuf, Ibrahim (2016) ANALISIS PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BAHAN TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT AL 2075 REINFORCEMENT ABU DASAR BATUBARA DENGAN METODE SQUEEZE CASTING. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kampas rem di pasaran umumnya menggunakan bahan asbes yang mana dapat berdampak buruk pada kondisi lingkungan. Pembuatan kampas rem dengan memanfaatkan limbah abu dasar batubara diharapkan menjadi solusi alternatif dari penggunaan kampas rem asbes. Selain bisa mengurangi limbah, penggunaan abu dasar batubara sebagai penguat komposit Al 2075 juga diharapkan bisa mengurangi biaya pembuatan kampas rem berpenguat keramik yang masih mahal. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persentase komposisi bahan terhadap sifat mekanik bila diaplikasikan untuk bahan pembuatan kampas rem sepeda motor. Variasi komposisi yang diuji yaitu aluminium dengan perbandingan 94,5%, 92,5%, 90,5% sebagai matriks, dan abu dasar batubara 3%, 5%, 7% sebagai penguat. Pembuatan spesimen dilakukan dengan metode squeeze casting. Sebelumnya dilakukan electrolessplating abu dasar batubara agar pada proses pengecoran dapat tercampur dengan bahan - bahan lainnya. Pengujian sifat mekanik yang dilakukan adalah uji keausan dengan metode ogoshi dan uji kekerasan rockwell. Spesimen uji untuk pengujian keausan dan pengujian kekerasan memiliki dimensi panjang 30 mm, lebar 30 mm, dan tebal 8 mm. Hasilnya pada spesimen dengan kadar abu dasar batubara 3% dan aluminium 94.5% memiliki laju keausan paling tinggi yaitu 2.62 x 10 -6 mm 2 /kg dan nilai kekerasan paling rendah 44.8 HRB. Sedangkan spesimen yang memiliki kadar abu dasar batubara 7 % dan aluminium 90.5% memiliki nilai keausan paling kecil yaitu 9.26 x 10 -7 mm 2 /kg dan nilai kekerasan paling tinggi sebesar 45.7 HRB. Kata kunci : Abu dasar batubara, kampas rem, sifat mekanik ABSTRACT Brake lining in the market generally using asbestos as its material which give a negative impact to the environment. The manufacturing of brake lining that utilizing waste from the bottom ash is expected to be an alternative from using asbestos brake lining. Beside reducing waste, the use of bottom ash as reinforcement of Al 2075 composite will also be expected to reduce the cost of making brake lining with ceramic reinforcement that is still expensive. This thesis research aims to determine the effect of the percentage of material composition on mechanical properties when applied to the manufacture of material for motorcycle brake lining. Variations in composition tested is aluminum with a ratio of 94.5%, 92.5%, 90.5% as a matrix, and bottom ash 3%, 5%, 7% as reinforcement. Making the specimens was performed by the squeeze casting method. Previous carried electrolessplating bottom ash that the casting process can be mixed with other materials. Testing of mechanical properties that is wear test using ogoshi method and rockwell hardness test. Test specimens for wear test and hardness testing has dimensions of 30 mm long, 30 mm wide and 8 mm thick. Results on the specimen with bottom ash content of 3% and aluminum 94.5% has the highest wear rate is 2.62 x 10 -6 mm 2 /kg and the lowest value of 44.8 HRB hardness. While the specimen that have elevated levels of bottom ash 7% and 90.5% of aluminum has the smallest value of the wear is 9.26 x 10 -7 mm 2 /kg and the highest hardness value is 45.7 HRB. Keywords : Bottom ash, brake lining, mechanical properties
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | ?? tddm ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 03:58 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 03:58 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/541 |
Actions (login required)
View Item |