Alwafi, Muhammad Naufal (2023) PROTOTIPE SISTEM PROTEKSI SILINDER DAN HOSE PUMP PADA SISTEM KEMUDI HIDROLIK YANG DILENGKAPI DENGAN SISTEM ALARM DAN INDIKATOR RUDDER ANGLE. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0420030028 - Muhammad Naufal Alwafi - Prototipe Sistem Proteksi Silinder dan i Hose Pump _i pada Sistem Kemudi Hidrolik yang Dilengkapi dengan Sistem Alarm dan Indikator i Rudder Angle _i .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemudi merupakan salah satu diantara alat mekanis yang dipakai untuk menentukan dan mengatur arah haluan atau manuvering kapal. Pada saat berlayar untuk mengetahui seberapa besar kemudi itu berbelok dapat dilihat pada rudder angle yang berada di anjungan. Besaran yang ditunjukan pada rudder angle menggunakan besaran derajat. Pada Kapal Pinisi terdapat permasalahan pada bagian kuadran kemudi kapal. Sistem hidrolik berfungsi sebagai penghubung antara silinder dan rudder. Kuadran kapal tidak boleh melebihi batas yang telah ditetapkan agar silinder pada pompa hidrolik tidak jebol dan juga mencegah piston out of range. sebagian besar kapal pinisi mencegahnya dengan meletakan sebuah tongkat kayu atau besi agar kuadran tidak melebihi batas. Akan tetapi, dengan cara ini juga terdapat kekurangan yaitu jika kuadran terlalu sering tertahan tongkat pembatas hal ini dapat memberikan tekanan yang besar pada hose pump dan silinder hidrolik sehingga menyebabkan kebocoran pada sistem hidrolik. Penulis membuat prototipe rudder angle untuk menghitung setiap derajat dari kemudi sebagai indikator. Penulis membuat prototipe untuk mencegah adanya kerusakan tambahan yang dapat memberikan peringatan ke nahkoda pada saat arah haluan mencapai batas maksimal untuk proteksi pada hose dan silinder kapal. Hasil penelitian menunjukan bahwa prototipe kemudi kapal hidrolik dapat menggunakan sistem pneumatik dengan memanfaatkan relay dan potensiometer. Keakuratan potensiometer sebagai indikator rudder angle menggunakan LED dengan rentang setiap 5 derajat memiliki persentase eror sebesar 2,96% dan menggunakan OLED sebagai indikator rudder angle dengan rentang setiap derajatnya memiliki persentase eror sebesar 1,05%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 7123/D3PE-20/2023 Lokasi TA : 715 |
Uncontrolled Keywords: | hose, hidrolik, kuadran, kemudi, rudder angle, silinder |
Subjects: | PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Mesin Listrik dan Elektronika Daya |
Divisions: | Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D3 Teknik Kelistrikan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:31 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
View Item |