ANALISIS KEKUATAN SAMBUNGAN GELADAK KAPAL PENCALANG 15 GT TERHADAP PENGARUH BEBAN FONDASI TIANG LAYAR

Julisaptana, Rosdiyantoro Syarif Syahputra (2023) ANALISIS KEKUATAN SAMBUNGAN GELADAK KAPAL PENCALANG 15 GT TERHADAP PENGARUH BEBAN FONDASI TIANG LAYAR. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0119040052 - Rosdiyantoro Syarif SJ - Analisis Kekuatan Sambungan Geladak Kapal Pencalang 15 GT Terhadap Pengaruh Beban Fondasi Tiang Layar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan kayu sebagai material konstruksi masih sangat digemari dalam industri perkapalan. Akan tetapi, kelangkaan atas ketersediaan material kayu membuat harga material tersebut menjadi semakin mahal dan berpengaruh pada biaya produksi. Sehingga perlu adanya penyesuaian akan ketersediaan material dengan langkah penyambungan kayu yang juga perlu di analisis kualitasnya. Dalam penelitian ini menggunakan dua variasi model penyambungan pada balok geladak yaitu model laminasi kayu dan double sawn dengan menggunakan lem epoxy DGEBA. Lalu dilakukan proses pengujian kekuatan specimen melalui uji bending, uji tarik dan uji tekan. Dari hasil perhitungan beban konstruksi fondasi dengan variasi beban layar berdasarkan kecepatan angin pada rute pelayaran didapatkan beban maksimal pada kecepatan angin potensial tertinggi sebesar 4,6 MPa. Sedangkan kuat ijin tarik dan tekan material kayu menurut regulasi BKI 1,1 dan 5 MPa. Hasil dari pengujian tekan, bending dan tarik pada sambungan laminasi adalah 30,77 MPa, 41,86 MPa, 10,57 MPa. Hasil dari pengujian tekan, bending dan tarik pada sambungan double sawn adalah 23,18 MPa, 54,68 MPa, 1,33 MPa. Sedangkan pada penggunaaan material dan durasi produksi sambungan double sawn adalah sambungan paling optimal karena kebutuhan material yang lebih sedikit dan durasi produksi yang lebih cepat 21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6989/D4DC-19/2023 Lokasi TA : 713
Uncontrolled Keywords: Beban Konstruksi, Kebutuhan material, Kekuatan material, Variasi Sambungan Kayu.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:00
Last Modified: 10 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item View Item