ANALISIS WAKTU DAN BIAYA PADA PROSES PEMBUATAN POROS PROPELLER KAPAL PERINTIS 2000 GT (STUDI KASUS PADA PT. X)

Harta, Renno (2016) ANALISIS WAKTU DAN BIAYA PADA PROSES PEMBUATAN POROS PROPELLER KAPAL PERINTIS 2000 GT (STUDI KASUS PADA PT. X). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PT. X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri perkapalan di Indonesia, dimana terdapat serangkaian proses produksi kapal baik untuk kebutuhan konsumen dan juga untuk kebutuhan persewaan lepas pantai. Perencanaan proses produksi untuk setiap jenis kapal berbeda dalam sistem analisisnya dikarenakan kapal mempunyai jenis dan tipe yang berbeda beda. Sehingga proses produksi untuk sebuah jenis dan tipe kapal harus dianalisis secara akurat dikarenakan jika pada saat proses pengerjaan mengalami kesalahan akan berdampak pada waktu dan biaya yang akan dikeluarkan. Proses Analisis untuk pembuatan poros propeller kapal perintis 2000 Gt mengunakan tiga metode, untuk menganalisis biaya menggunakan metode variable coasting dan full coasting sedangkan untuk menganalisis waktu menggunakan metode machining time. Dengan berpedoman pada BKI 2014 Vol III maka dapat diperoleh data data yang dapat diolah untuk menganalisis waktu dan biaya pada proses pembuatan poros propeller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu manganalisis biaya dan waktu untukpembuatan poros propeller. Perbandingan hasil dari metode ini menunjukan hasil yang cukup besar dikarenakan metode full coasting mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead tetap dan biaya overhead variabel. Sedangkan meode variable coasting mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead variabel. Maka dapat disimpulkan bahwa metode variable coasting lebih cocok dipakai dalam proses analisis pembuatan poros propeller kapal perintis 2000 Gt. Kata kunci : Full Coasting, Manajemen Teknik, Machining Time, Variable Coasting. ABSTRACT PT. X is a company engaged in shipping industry at Indonesia, there are a series of ship production process for the local consumer and for the necessity offshore leashing. Planning the production process for each different type of vessel in this analysis because ships have different types. So to production process for a specific make and type of the vessel must be analyzed because if at the time process has encountered an error will have impact on the time and cost to be incurred. The analysis process for the manufacture of the propeller shaft ship pioneering 2000 Gt using three methods. To analyze cost use variable method and full coasting method while to analyze a method of machining time. With reference to the BKI 2.14 Vol III can be obtained data, data can be process to analyze the time and cost to make the propeller shaft. The results showed that the method is capable analyze the cost and time to make the propeller shaft. Comparasion of the result of the method can show big result because full coasting method catch principal material, labor cost, overhead cost fixed and variable overhead costs. While variable coasting method include principal material, labor cost, and variable cost. So we can conclude that method is more suitable variable coasting use in the analysis process of making propeller shat ship pioneer 2000 Gt. Keyword : Full Coasting, Management Tekhnik, Machining Time, Variable Coasti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:19
Last Modified: 12 Sep 2018 03:19
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item