MODIFIKASI PARTISI FRAME DARI FIX JOINT KE KNOCKDOWN JOINT SEBAGAI OPTIMALISASI PEMASANGAN FRAME

ANTARIKSAWAN, YANUAR DWIKI (2016) MODIFIKASI PARTISI FRAME DARI FIX JOINT KE KNOCKDOWN JOINT SEBAGAI OPTIMALISASI PEMASANGAN FRAME. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kereta api adalah sarana angkutan yang terdiri atas lokomotif dan serangkaian gerbong penumpang maupun barang yang berjalan diatas rel yang disusun sesuai rencana. Pada gerbong kereta api kebanyakan pembuatannya menggunakan metode fix joint. Metode fix joint disini adalah serangkaian frame gerbong kereta yang dibuat dengan cara pengelasan. Sehingga partisi satu dengan yang lainnya saling berhubungan secara permanen dan tidak dapat dilepas dan dipasang kembali secara flexible. Pembuatan gerbong menggunakan metode fix joint ternyata memiliki kekurangan, yaitu ketika ada kerusakan pada salah satu partisi pada gerbong tersebut harus membongkar seluruh gerbong. Karena metode fix joint merupakan penyambungan permanen atau las-lasan antar partisi frame. Sehingga mepersulit pada saat proses perbaikan. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan metode knockdown. Metode knockdown yaitu metode penyambungan antar partisi menggunakan cara joint yang tidak menggunakan las-lasan, atau dapat dikatakan penyambungan tidak permanen. Metode ini dapat digunakan karena partisi dapat dipasang secara flexible atau dapat dilepas dan dipasang kembali tanpa merusak sambungan partisi yang lain. Untuk memodifikasi desain partisi kereta api menggunakan software Inventor. Software Inventor digunakan untuk memodifikasi desain pemasangan frame kereta dengan merubah model frame yang akan digunakan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan pada proses produksi single partnya. Menggunakan metode knockdown dapat mempermudah pada saat proses perbaikan dan proses assembly atau penyusunan partisi frame. Karena dapat melepas partisi frame tersebut tanpa membongkar seluruh partisi pada gerbong. Namun bisa dilakukan hanya dengan memperbaiki bagian yang rusak saja atau hanya dengan melepas partisi frame yang ingin dilepas. Dengan cara melepas pada bagian yang mengalami kerusakan tersebut ataupun dapat diganti dengan partisi yang sejenis tanpa harus mengganti seluruh partisi. Kata Kunci : fix joint, knockdown joint, frame partition ABSTRACT The train is a means of public transport consisting of a locomotive and carriage of passengers or goods series running on rails. The locomotive is used to drive a series of carriages. In the most manufacturing railway carriage using a fixed partition. Fix partition method is a series of train cars are made by welding. So the one with the other partitions are interconnected permanently and can not be uninstalled and reinstalled in a flexible. Making carriage using fixed partition method proved to have deficiency, that is, when there is damage to one of the partitions on a carriage having to disassemble the entire carriage. Because of the connection method of partitions are permanent fix or welds between partitions. So it was difficult to be repaired. The problem can be solved by using knockdown. Knockdown method is a method of connecting between the partition that does not use welds, or often called the connection is not permanent. This method can be used for the partition installed in a flexible or can be dislodged and reinstall without damaging the connection another partition. To modify the design of the train partition using Inventor software. Inventor software is used to modify the design of the train partition installation by adding or subtracting the partition that will be used to minimize errors in the production process of single part. Using the method can simplify knockdown during maintenance or repair process and the process of preparing partitions. Because it can modify the partitions without having to disassemble the entire partition on the carriage. But it could be done only by repairing the damaged section only. By removing the damaged section and can be replaced with a similar partition without having to replace all of the partitions. Keyword : fix joint, knockdown joint, frame partition

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:10
Last Modified: 12 Sep 2018 02:10
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item