ANALISA KEKUATAN DECK AKIBAT PENGARUH BEBAN KONTAINER 100 TEUS DI PT.ORELA SHIPYARD

Suroyo, Rahma Arum (2016) ANALISA KEKUATAN DECK AKIBAT PENGARUH BEBAN KONTAINER 100 TEUS DI PT.ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang menunjang untuk melakukan kegiatan mengolah sumber daya alamnya dan perekonomian. Salah satu penunjangnya adalah kapal kontainer 100 Teus yang dibangun oleh PT.ORELA SHIPYARD. Dalam rute pelayarannya mengharuskan kapal kontainer memiliki konstruksi kapal yang kuat. Deck harus mampu menahan beban kontainer sebanyak 100 teus tersebut. Pengaruh kekuatan material dapat dilihat jika terdapat atau tidaknya suatu deformasi material yang terkena suatu beban. Jika terdapat deformasi, maka harus dapat diterima oleh tegangan ijin suatu material dan faktor keamanan material harus memenuhi. Dalam proses pelaksanaan tugas akhir ini dimulai dengan mengumpulkan data-data, penyiapan desain, mendiskripsikan komponen struktur, hingga menganalisa kekuatan deck kapal. Tahap pembuatan model atau desain deck menggunakan software AutoCad 2013. Selanjutnya analisa kekuatan deck menggunakan software ansys yang berbasis finite element analysis (FEA), sehingga memudahkan dalam proses menganalisa. Berdasarkan analisa kekuatan deck, dapat dilihat bahwa deck mampu menahan beban kontainer yang berjumlah 100 teus dan masih memenuhi faktor keamanan material yang diijinkan. Dalam perencanaan banyaknya jumlah kontainer haruslah diperhatikan dengan tegangan ijin material, agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak pemilik kapal dan galangan. Sebelum melakukan proses pembangunan, perlu diperhatikan segi teknologi ekonomi agar lebih efisien. Kata kunci: analisa kekuatan, tegangan ijin, faktor keamanan, deformasi, software ansys Indonesia very needs tool and infrastructure that support to mange the nature resource and economy. One of that supporter is container 100 Teus ship that has builded by PT.ORELA SHIPYARD. On that voyage route compel the container ship has the strong construction ship. Deck must be able to restrain the container load as 100 teus many as that. The strength material effect can has seen if any material deformation by load or not. If any deformation, so that be able acceptance by allow stress of material and safety factor. In this implementation final assignment process has begun with collect the data, design preparation, describe the structure component, until analysis the deck strength of ship. On the modelling stage or deck design use AutoCad 2013 software. Next, analysis the deck strength use ansys software that have as a base finite element analysis (FEA), so it can analyse process easily. Based on the deck strength, can has seen that deck be able to hold the container load 100 teus aggregate and be able acceptance by allow stress of material. On many container aggregate planing, it must to attention with allow stress of material, so that doesn’t cause the financial loss for owner and shipyard. Before do the building berth process, it necessary to attention from economy technology so that more efisien. Keywords: strength analysis, allow stress, safety factor, deformation, ansys software

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:20
Last Modified: 10 Sep 2018 06:20
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item